Ratusan Satlinmas Dilatih Tingkatkan Kapasitas

 Ratusan Satlinmas Dilatih Tingkatkan Kapasitas

PELATIHAN – Bupati Lamandau Hendra Lesamana tengah memberikan arahan pada kegiatan pembinaan dan pelatihan Satlinmas di Kecamatan Menthobi Raya.

 

NANGA BULIK – Ratusan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kabupaten Lamandau tengah menjalani pembinaan dan pelatihan. Bupati Lamandau, Hendra Lesmana menilai kegiatan itu sangat penting untuk konsolidasi serta peningkatan kapasitas dan keterampilan Satlinmas Kabupaten Lamandau.

“Dengan jumlah anggota yang hampir mencapai 600 orang, Satlinmas ini merupakan kekuatan yang sangat besar sebagai ujung tombak dalam menciptakan kamtibmas dan membantu pada setiap kegiatan sosial kemasyarakatan,” sebut Bupati Hendra di Nanga Bulik, Kamis (6/7).

Menurut Bupati, keberadaan anggota Satlinmas merupakan salah satu komponen penting di tengah masyarakat. Apalagi, pelaksanaan hajatan besar yakni Pemilu tahun 2024 akan digelar.

Oleh sebab itu, lanjut Bupati, peningkatan kemampuan, kapasitas dan kapabilitas Satlinmas di Kabupaten Lamandau, perlu dilakukan. Agar ke depan seluruh anggota Satlinmas dapat memahami tugas dan fungsinya.

Dikatakan Bupati, pelatihan tersebut juga merupakan penerapan dari Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat.

“Untuk itu, setiap desa diharapkan memiliki satlinmas yang dibentuk oleh pemerintah desa atau kelurahan dan beranggotakan masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan,” pungkasnya.(fit)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!