PKM Internasional, Jurusan S1 Manajemen FEB UPR Lakukan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Bisnis Souvenir di sekitar Destinasi Wisata Rohani Wat Arun – Thailand

 PKM Internasional, Jurusan S1 Manajemen FEB UPR Lakukan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Bisnis Souvenir di sekitar Destinasi Wisata Rohani Wat Arun – Thailand

FOTO: Tim PKM Internasional dari Jurusan S1 Manajemen FEB UPR melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha souvenir di sekitar Destinasi Wisata Rohani Wat Arun – Thailand. (Foto Ist.)

PALANGKA RAYA,  Kaltengnews.co.id – Jurusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Palangka Raya, sampai sekarang ini terus berkomitmen untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kebijakan MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) serta pencapaian 8 (delapan) IKU Rektor UPR dan IKU Kemendikburistek RI, melalui berbagai kegiatan dan program pendidikan tinggi yang diselenggarakan.
Dimana, salah satunya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Internasional yang dilaksanakan di sekitar destinasi wisata rohani  Wat Arun atau Temple of Dawn terletak di tepi Sungai Chao Phraya yang merupakan salah satu candi tercantik di Thailand, Kamis (27/07/2023).
Sekedar diketahui bahwa Wat Arun itu sendiri merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Thailand, dimana kuil ini berdiri sejak abad ke-17, dengan gaya arsitektur berupa menara berbentuk pagoda setinggi 81 meter menjulang ke langit yang disebut prang. Karena nilai historis dan keindahan arsitekturnya ini lah sehingga wajar apabila tempat ini menjadi salah satu tujuan favorit  bagi para wisatawan mancanegara.
Ketua Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FEB UPR, Dr. Roby Sambung MM menyampaikan di balik pesona budaya dan arsitektur yang luar biasa dari destinasi wisata rohani Wat Arun di Thailand, terdapat komunitas pedagang suvenir yang berperan penting dalam menghidupkan pariwisata lokal.
“Namun kendalanya, mereka (pelaku umkm souvenir, red) setempat seringkali diperhadapkan pada tantangan pengelolaan keuangan yang kompleks.  Adanya kondisi demkian sehingga melatarbelakangi Jurusan S1 Manajemen FEB UPR bekerjasama dengan mahasiswa dari berbagai jurusan universitas setempat, bersatu dalam sebuah inisiatif PKM Internasional yang berfokus pada pendampingan pengelolaan keuangan bagi para pedagang suvenir di sekitar Wat Arun,” ujar Ketua SPMI FEB UPR ini, Kamis (27/07/2023).

FOTO: Tim PKM Internasional dari Jurusan S1 Manajemen FEB UPR melakukan kerja sama dengan mahasiswa dan dosen dari berbagai jurusan universitas setempat untuk melaksanakan pendampingan kepada para pelaku usaha souvenir di sekitar Destinasi Wisata Rohani Wat Arun – Thailand. (Foto Ist.)

Lanjut Dr. Roby Sambung, M.M., menerangkan kegiatan PKM Internasional ini, terkait pendampingan pengelolaan keuangan souvenir di daerah wisata rohani Wat Arun di Thailand, sekaligus pula tindaklanjut dari program kelas bilingual, bersamaan dengan International Conference Entrepreneur yang digagas oleh Jurusan S1 Manajemen FEB UPR.
“Kegiatan ini, tak hanya diikuti oleh 3 orang dosen dari Jurusan S1 Manajemen FEB UPR, diantaranya Dr. Roby Sambung, M.M., (Ketua SPMI FEB UPR); Dr. Meitiana, M.M., (Ketua Jurusan S1 Manajemen FEB UPR); dan Dr. Vivy Kristinae, M.Si., (Ketua Kelas Bilingual) tapi  juga melibatkan 2 orang mahasiswa, yaitu Eka Mulyaningrum dan Muhammad Afrizal,” ujarnya lagi.
Dr. Roby Sambung kembali menguraikan kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan perubahan positif dalam keberlanjutan bisnis para pedagang suvenir, dan juga berkontribusi pada ekonomi lokal. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini tidak hanya memberikan pelatihan tentang manajemen keuangan dasar kepada para pedagang suvenir, tetapi juga membantu mereka dalam menerapkan konsep tersebut dalam praktik sehari-hari.
“Mereka bekerja sama dengan para pedagang suvenir untuk menyusun rencana keuangan yang sederhana dan efektif, membantu mereka memahami pemasukan dan pengeluaran bisnis mereka, serta merancang strategi untuk meningkatkan profitabilitas,” demikian terangnya.
Sementara itu, Ketua Jurusan S1 Manajemen FEB UPR, Dr. Meitiana, M.M.,  turut menambahkan melalui kegiatan PKM Internasional ini tak sebatas hanya implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Kebijakan MBKM, tapi juga sebagai upaya dari Jurusan S1 Manajemen FEB UPR, dalam hal pencapaian 8 poin Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor UPR dan Kemendikbudristek RI.
“Khususnya, pada pencapaian poin (2) Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus; poin (3) Dosen Berkegiatan di Luar Kampus; poin (5) Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat; poin (6) Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia; serta poin (7) Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif.”

“Langkah ini merupakan salah satu upaya dari Jurusan S1 Manajemen FEB UPR untuk mempersiapkan lulusan agar dapat menjadi SDM Unggul, Berkarakter dan Berdaya Saing Global,” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!