Jelang HUT RI ke-78, Pemprov Kalteng Persiapkan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih

 Jelang HUT RI ke-78, Pemprov Kalteng Persiapkan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih

Foto : Rapat Persiapan Gerakan pembagian Bendera Merah Putih.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah  menggelar rapat persiapan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023 yang di pimpin oleh Yuas Elko selaku Staf Ahli (Sahli) Gubenur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan yang bertempat di Ruang Bajakah Lantai II Kantor Gubenur Kalimantan Tengah, Selasa (18/7/2023).

Menurut Yuas, kegiatan tersebut merupakan  bagian dari rangkaian kegiatan untuk merayakan Hari Ulang Tahun 78 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 400.10.1.1/1965/sj,Tanggal 07 April 2023, tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023.

“Rapat ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 400.10.1.1/1965/sj, Tanggal 07 April 2023, tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023.” ujarnya.

Yuas menjelaskan Gerakan pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023 akan dilaksanakan secara serentak oleh Gubenur Kalteng, Walikota Palangka Raya, Unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), serta Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan masyarakat Kota Palangka Raya pada hari Minggu 30 Juli 2023.

“Pelaksanaannya Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023 akan dilakukan pada hari Minggu, 30 Juli 2023 mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. Adapun terkait lokasi pelaksanaannya yaitu di halaman Stasiun TVRI, yang terletak di Jl. Yos Sudarso, Palangka Raya.” kata Yuas.

Ia juga menambahkan pada kegiatan pembagian bendera merah putih tersebut akan dirangkaikan dengan senam bersama yang dikoordinir oleh Dispora Prov. Kalteng dan  acara hiburan oleh pemerintah Kota Palangka Raya.

“Setelah kegiatan pembagian benderah merah putih akan dilanjutkan dengan senam bersama yang dikoordinir oleh Dispora Prov. Kalteng serta acara hiburan oleh pemerintah Kota Palangka Raya. Kegiatan ini akan pada tanggal 30 Juli 2023.” tandas dia.

Sementara itu, Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpo) Katma F. Dirun menjelaskan tiga agenda pada rapat persiapan pembagian benderah merah putih  dengan tujuan agar semua pihak yang terlibat dapat mempersiapkan diri dan menjadwalkan waktu mereka dengan tepat.

“Rapat ini kita jadwalkan sebanyak tiga kali. Terdiri dari rapat persiapan yang telah dilaksanakan pada hari Selasa 18 Juli 2023, kemudian rapat selanjutnya yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2023 dengan agenda utama akan fokus mendengarkan laporan dari masing-masing panitia terkait anggaran dan teknis kegiatan dan rapat terakhir dengan agenda rapat finalisasi yang dijadwalkan pada tanggal 28 Juli 2023.” Ungkapnya.

Katma juga mengimbau kepada perangkat daerah untuk mengkoordinir, merencanakan, mempersiapkan, dan mengatur jalannya pelaksanaan kegiatan pembagian bendera merah putih sehingga nantinya kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

“Untuk kelancaran kegiatan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih, telah ditugaskan 14 kepala perangkat daerah untuk mengkoordinir, merencanakan, mempersiapkan, dan mengatur jalannya pelaksanaan kegiatan tersebut. Tugas ini diberikan kepada kepala perangkat daerah sebagai bentuk tanggung jawab mereka dalam mendukung dan menjalankan kegiatan tersebut dengan efektif. ” tutup Katma.

Wartawan: Maria

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!