GBBI dan GBWI di Kalteng, Taufik:  Momentum Akselarasi Pemulihan Ekonomi dan Perluasan Pasar Produk UMKM Lokal 

 GBBI dan GBWI di Kalteng, Taufik:  Momentum Akselarasi Pemulihan Ekonomi dan Perluasan Pasar Produk UMKM Lokal 

FOTO : Media Briefing jelang GBBI dan GBWI, Selasa (11/07/2023). Foto Ist.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenmarves) RI telah menetapkan pada Juli 2023 ini, Kalimantan Tengah sebagai lokasi harvesing Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI).

Kepala KPW-BI Kalteng, Taufik Saleh mengatakan kegiatan ini mengusung tagline “Hayu Maja Kan Kalteng”, sebuah ajakan dalam bahasa Dayak Ngaju yang berarti Ayo Berkunjung ke Kalimantan Tengah.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendorong perluasan pasar bagi produk-produk UMKM dan meningkatkan kunjungan wisatawan untuk dapat menikmati indahnya kekayaan khazanah wisata di Kalimantan Tengah,” kata Kepala KPw-BI Kalteng dalam sambutannya pada kegiatan Media Briefing bersama sejumlah Media Massa, Selasa (11/07/2023) di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng.

Menurut Taufik, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sendiri digaungkan pertama kali sejak tanggal 14 Mei 2020 lalu.

Ia juga berharap melalui gerakan ini dapat merespon situasi pandemi waktu itu yang menyebabkan kinerja UMKM/ IKM/Artisan dan kunjungan wisatawan mancanegara merosot tajam.

Selanjutnya, Ia mengatakan mengulang kesuksesan Gernas BBI 2020 yang mampu mendorong kinerja pemulihan ekonomi melalui pengembangan UMKM, GBBI dilaksanakan secara tahunan di berbagai Provinsi di Indonesia.

“Dalam rangka mengakselerasi GBBI dan GBWI Kalimantan Tengah Tahun 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia mengkolaborasikan kegiatan dimaksud dengan flagship program Pesona Tambun Bungai (PTB), yang juga merupakan agenda tahunan KPwBI Kalteng sejak tahun 2021, guna mempromosikan produk-produk unggulan UMKM wastra, kriya, aksesoris, makanan olahan dan kopi serta destinasi pariwisata,” kata dia lagi.

Perlu diketahui, dalam rangkaian PTB 2023 kali ini, pelaksanaannya terintegrasi dengan program nasional maupun daerah yaitu Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah (Fesyar), Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI), Festival Tambun Bungai (FTB), Jambore UMKM, Kalteng Expo, dan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

“Kolaborasi GBBI dan GBWI dengan Pesona Tambun Bungai akan dilaksanakan di Palangka Raya, berfokus pada penguatan dan perluasan akses pasar UMKM melalui Pameran dan Business Matching sehingga diharapkan adanya peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal, peningkatan daya beli masyarakat, percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal, dan stimulus ekonomi untuk UMKM,” ujar Taufik menambahkan.

Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, kolaborasi GBBI dan GBWI dengan Pesona Tambun Bungai diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk terus bangga menggunakan produk-produk lokal dan berwisata di Indonesia, sehingga sejalan dengan semangat KTT ASEAN 2023 “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

FOTO : Sesi Foto Bersama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Kalteng Sri Widanarni, Kepala KPW BI Kalteng Taufik Saleh bersama Sejumlah Awak Media dan Pemprov Kalimantan Tengah, usai menggelar acara Media Briefing jelang GBBI dan GBWI, Selasa (11/07/2023). Foto Ist.

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Kalteng Sri Widanarni menyebut sebagaimana apa yang sudah dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan fokus mendorong optimalisasi belanja Pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN), sedangkan Gerakan BBWI dicanangkan pada tahun 2022 lalu.

“Di tahun 2023 ini, kegiatan rangkaian gerakan BBI dan BBWI di Kalimantan Tengah akan dilaksanakan sejak tanggal 13-16 Juli 2023. Nantinya akan ada beberapa Menteri yang hadir, untuk itu diharapkan peran kita semua harus terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini,” tandas Sri Widanarni.

Sekedar menginformasikan, adapun rangkaian kegiatan akan diselenggarakan mulai hari Kamis, 13 Juli 2023 hingga hari Minggu, 16 Juli 2023, bertempat di area GPU Tambun Bungai, Kota Palangka Raya, yang meliputi Talkshow, pameran produk-produk UMKM khas Kalimantan Tengah, edukasi masyarakat, business matching, serta sejumlah perlombaan.

Dalam rangka menyambut kegiatan tersebut, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah bersama pihak terkait lainnya menyelenggarakan acara Media Briefing kegiatan BBI dan BBWI, dengan menghadirkan sejumlah awak media massa, baik itu cetak, online maupun elektronik di Kalimantan Tengah. Kegiatan ini berlangsung di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (11/07/2023).

Pertemuan Media Briefing secara resmi dibuka oleh  Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Kalteng Sri Widanarni. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!