Fasilitas Penunjang bagi Pemilih Disabilitas Harus Dipenuhi

 Fasilitas Penunjang bagi Pemilih Disabilitas Harus Dipenuhi

FOTO: Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Kuwu Senilawati.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Kuwu Senilawati meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) di seluruh daerah Se-Kalimantan Tengah, supaya dapat menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang yang memadai bagi penyandang disabilitas yang ingin memberikan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Fasilitas memadai dimaksud mencakup kepastian keikutsertaan para penyandang disabilitas yang telah memenuhi syarat untuk masuk ke Daftar Pemilih Tetap (DPT), sarana dan prasarana (Sapras) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus memperhatikan aspek kemudahan keamanan dan kenyamanan bagi para pemilih disabilitas,” kata dia, Jumat (07/07/2023).

Tidak hanya itu, Srikandi Partai Gerindra DPRD Kalteng ini juga menyebutkan ketika para penyandang disabilitas ini sudah masuk ke DPT, maka mereka memiliki hak yang sama untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang, baik itu Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) sampai pada Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA).

Untuk itu, Ia kembali meminta kepada pemerintah, KPU dan Bawaslu Se-Kalimantan Tengah agar dapat mengakomodir sejumlah fasilitas penunjang bagi para pemilih disabilitas, supaya dapat dengan mudah memberikan hak pilihnya.

“Kami dari Komisi I DPRD Kalteng membidangi Hukum, Pemerintahan dan Keuangan, tentunya akan melakukan koordinasi dengan pihak KPU Provinsi Kalimantan Tengah, guna mempertanyakan perihal tersebut,” ujar dia lagi.

Ia juga berharap persiapan Pemilu 2024 mendatang sudah harus memadai dan secara mekanisme persiapan teknik dilapanganmya akan kita dengarkan langsung dari kawan-kawan KPU terkait hal tersebut.

Wartawan: Maria

Editor: Yundhy Satrya 

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!