Disnakertrans Kalteng Gelar Bimtek Akreditasi LPK

 Disnakertrans Kalteng Gelar Bimtek Akreditasi LPK

FOTO : Kegiatan Bimtek Akreditasi LPK yang digelar Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (17/07/2023).

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Akreditasi bagi Lembaga Pelatihan Kerja atau LPK yang akan diakreditasi se-Kalimantan Tengah Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Avicenna, Kota Palangka Raya, Senin (17/72023) siang.

Dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah Diagus menyampaikan salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi, yakni membangun budaya kompetensi kerja.

“Sejatinya kompetensi kerja merupakan kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan,” kata Sekretaris Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah.

Diagus mengatakan kegiatan Bimtek Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja Tahun 2023 ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi, guna merebut pasar kerja sehingga diharapkan sejalan dengan pengimplementasian Sistem Pelatihan Kerja Nasional Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 Tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional.

“Salah satu unsur yang harus dibenahi dalam lembaga pelatihan kerja adalah penyelenggarakan pelatihan yang berbasis kompetensi atau competency Base Training,” katanya lagi.

Ia kembali menyampaikan pelaksanaan Bimbingan Teknis Akreditasi bagi lembaga pelatihan kerja menjadi hal yang sangat strategis.

“Saya berharap, kepada peserta usai mengikuti BIMTEK ini diminta untuk bisa melengkapi 21 kriteria dengan 70 bukti yang wajib dipenuhi dan 45 bukti tambahan instrumen Akreditasi secara benar sebagai persyaratan untuk dapat mengajukan permohonan akreditasi ke Komite Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja,” pungkasnya. 

Wartawan: Maria

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!