Bupati Ajak Masyarakat Cegah Konflik Sosial

 Bupati Ajak Masyarakat Cegah Konflik Sosial

NOTA GARUNG PANTAN – Bupati Lamandau Hendra Lesmana disambut ritual Nota Garung Pantan sebelum membuka acara pelantikan dan pengukuhan Batamad Kecamatan Batang Kawa.

NANGA BULIK – Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah setempat untuk bersama-sama mencegah terjadinya konflik sosial. Khususnya menjelang Pemilu serentak tahun 2023.

“Agar wilayah Kabupaten Lamandau tetap kondusif dan tetap terjaga dari pertikaian khususnya berkaitan dengan suku, adat, ras, dan agama,” kata Bupati Hendra di Nanga Bulik, Kamis (13/7).

Menurutnya, ada dua konflik sosial yang rentan terjadi di Kabupaten Lamandau, yakni terkait dengan adat yang selalu dibenturkan karena adanya kepentingan dan kemudian adalah persoalan agama yang dipolitisir demi kepentingan oknum tertentu.

Sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, kata dia, maka pemerintah daerah perlu berupaya mencegah terjadi konflik sosial masyarakat. Dalam mencegah itu, ada tim terpadu yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk pengawasan dan penanganan.

Salah satu yang dilaksanakan pemerintah kabupaten dalam mencegah konflik sosial, terang Bupati, diantaranya melalui Badan Kesbangpol dengan melaksanakan rapat koordinasi dan fasilitasi rencana aksi terpadu penanganan konflik sosial.

Ditegaskan Hendra, konflik sosial menjadi perhatian serius. Maka diperlukan upaya serius dan penanganan sejak dini dalam menekan gejolak atau persoalan yang terjadi, agar tidak meluas dan berakibat fatal bagi kehidupan bermasyarakat.

“Mari sama-sama menjaga kondusivitas daerah,” ajak Hendra.(fit)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!