Bantu Petani, Bupati Kotim Salurkan Alat dan Mesin Pertanian

 Bantu Petani, Bupati Kotim Salurkan Alat dan Mesin Pertanian

SAMPIT, Kaltengnews.co.id – Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H.Halikinnor, didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan Kepala Dinas Pertanian Sepnita, menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), berupa hand traktor, cultivator dan mesin pompa kepada petani di kantor Dinas Pertanian, Kamis (6/07/2023).

Alat dan mesin pertanian (alsintan) ini diberikan untuk membantu para petani di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), agar bisa meningkatkan produksi dan mengembangkan pertanian setempat.

“Pemerintah berupaya untuk terus meningkatkan bantuan, tentu dengan harapan agar para petani juga semakin giat sehingga pertanian kita akan meningkat,” kata Halikinnor.

Alsintan ini merupakan pengadaan melalui APBD Kotim, ditambah dengan bantuan melalui program pokok pikiran (Pokir) anggota DPR RI asal Kalimantan Tengah.

“Kita juga akan mendapat bantuan mesin penggilingan padi modern dari provinsi, saya nanti ingin beras Sampit bisa terkenal, namun tentunya kualitas juga harus terus ditingkatkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur, Sepnita, menyebutkan penerima bantuan alsintan ini merata hampir di semua kecamatan.

Ia menjelaskan, alsintan yang diberikan berupa hand traktor 21 unit termasuk dari pokir, cultivator 33 unit termasuk 2 tambahan dari pokir dan ada juga mesin pompa.

“Untuk yang besar seperti handtraktor roda empat, dryer atau pengering padi dan penggilingan padi masih dalam proses. Untuk bantuan dari provinsi berupa penggilingan padi besar dan pabrik pakan juga dalam proses,” tandas Sepnita.

Ia berharap kedepannya bisa dialokasikan lagi bantuan peralatan pertanian ini, baik berasal dari APBD kabupaten, APBD provinsi maupun dari aspirasi DPR RI. (Tbk/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!