Wabup Sunardi Lepas Keberangkatan 40 Jemaah Calon Haji Katingan Ke Tanah Suci Mekah

 Wabup Sunardi Lepas Keberangkatan 40 Jemaah Calon Haji Katingan Ke Tanah Suci Mekah

FOTO : Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, saat melepas secara resmi keberangkatan JCH Kabupaten Katingan di halaman kantor Bupati Katingan. 

 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Wakil Bupati  (Wabup) Kabupaten Katingan Sunardi N.T Litang, secara resmi melepas keberangkatan 40 orang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Katingan, dihalaman kantor Bupati Katingan, Minggu 4 Juni 2023.

JCH ini masuk dalam klolter 6 embarkasi Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor (BDJ) Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel). Kemudian, dijadwalkan berangkat ke Madinah Arab Saudi, tanggal 5 Juni 2023, sekira pukul 23.00 WITA.

“Saya atas nama pemerintah, secara resmi melepas Jemaah Calon Haji Katingan tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi. Semoga diberikan kelancaran, kemudahan dalam menjalankan ibadah haji dan menjadi haji mabrur,” ucap Sunardi N.T Litang.

Diungkpakan bahwa  jumlah pendaftar Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Katingan sudah mencapai sebanyak 1.500 lebih. Apabila ada yang melakukan atau menambah mendaftar sekarang ini, maka masuk daftar tunggu hingga 20 tahun lebih.

“Jadi kita yang mendaftar pada tahun 2010, 2011 dan 2012 masih bersyukur dan masih menunggu 10 atau 12 tahun lagi. Namun di Kabupaten lain sudah ada saat ini yang menunggu dari 20 sampai 25 tahun. Kalau tidak salah di Kabupaten Kapuas,” jelasnya.

Dia juga menitipkan pesan agar momen ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh jemaah untuk menunaikan ibadah Haji. Pasalnya, tidak semua orang sebarangan berangkat untuk menjalankan rukun Islam yang keliman ini, karena untuk persiapan berangkat tentunya dengan mengumpulkan dana yang cukup besar.

“Jadi jangan disia-siakan apa yang kita upayakan saat ini sehingga dimaksimalkan dengan baik. Tujuan kita berangkat ke tanah suci Mekah adalah beribadah. Urusan lainnya nomor dua. Yang tidak kalah penting adalah jaga kesehatan saat pelaksanaan ibadah Haji,”harapnya.

FOTO : Sebelum berangkat, semua JCH Katingan berkumpul mendengarkan arahan Wabup Katingan Sunardi N.T Litang. 

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Katingan, H.Hasan Basri, mengatakan dari jumlah 40 JCH Katingan tahun 2023 ini terdiri dari 17 laki-laki dan 23 perempuan.

Jumlah tersebut meliputi dari wilayah Kecamatan Katingan Hilir sebanyak 29 orang, Katingan Kuala 5 orang, Sanaman Mantikei 3 orang, Katingan Tengah 2 orang dan Kecamatan Tewang Sangalang Garing 1 orang.

“JCH  prioritas Lansia ada 2 orang yaitu atas nama Nuni Said Umar usia 80 tahun dan Bapak Nasrun Sudin Ahmad usia 72 tahun,”jelasnya. (AS)

Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!