Terkait Program Irigasi, Peran Pengamat Pengairan Dibutuhkan

 Terkait Program Irigasi, Peran Pengamat Pengairan Dibutuhkan

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada pihak desa agar membuat pengusulan penggalian atau pembersihan saluran irigasi kepada pengamat pengairan yang ada di wilayah setempat

Anggota DPRD Seruyan, Harsandi mengatakan bahwa pengamat pengairan mempunyai peran untuk menentukan wilayah-wilayah mana saja yang sekiranya perlu untuk dilakukan penggalian atau pembersihan.

“Makanya nanti pihak desa buat usulan ke pengamat pengairan bahwa di daerah A, B dan C itu perlu dilakukan pembersihan atau penggalian saluran irigasi,” katanya, Selasa 6 Juni 2023.

Selain itu, dirinya juga meminta agar seluruh pengamat pengairan di wilayah setempat bisa melakukan pengecekan serta monitoring langsung ke lapangan. Hal ini dimaksudkan agar apa yang nantinya dilaksanakan bisa sesuai dengan apa yang diaspirasikan serta dibutuhkan oleh masyarakat.

Disamping itu, dirinya menilai keberadaan saluran irigasi pertanian sendiri sangat penting untuk mendukung suksesnya pengembangan pada sektor pertanian. Sehingga keberadaan saluran irigasi harus bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

“Ini harus kita perhatikan, jangan sampai saluran irigasi pertanian itu tidak berfungsi karena penuh dengan sampah atau tumbuhan liar. Karena pertanian inikan menjadi salah satu program yang terus ditingkatkan,” jelasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!