Pemda Diminta Perkuat Strategi Gali Potensi PAD

 Pemda Diminta Perkuat Strategi Gali Potensi PAD

FOTO: Anggota DPRD Kalteng, Jubair Arifin.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Anggota DPRD Kalteng, Jubair Arifin mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng agar dapat memperkuat strategi untuk menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD).

Ia mengatakan, salah satu sumber anggaran bagi pemda untuk melaksanakan pembangunan yakni dari PAD, sehingga berbagai potensi menjanjikan harus dapat digali dengan maksimal melalui berbagai sektor yang ada.

“Misalnya saja melalui pajak dan retribusi, keduanya harus bisa dimaksimalkan dengan begitu PAD Kalteng akan terus meningkat, sehingga pembangunan pun akan terus berlanjut,” kata dia, Kamis (01/06/2023).

Menurutnya, Kalteng harus dapat terus mengalami kemajuan dari segi pembangunan dari tahun ke tahun. Maka dari itu, agar pembangunan bisa optimal dilakukan pastinya memerlukan dukungan anggaran yang memadai.

“Tanpa ada anggaran memadai maka pembangunan pun akan berjalan lambat, inilah kenapa pemda harus dapat memperkuat strategi untuk menggali potensi PAD yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan,” tuturnya.

Ia menuturkan, pajak dan retribusi pastinya salah satu sumber PAD yang sebisa mungkin harus dapat dioptimalkan diantaranya melalui sektor pelabuhan dan di Kalteng sendiri terdapat sejumlah pelabuhan.

Sehingga, pelabuhan yang ada itu perlu diperhatikan sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukungnya, misalnya saja keberadaan sungai yang dangkal supaya secepatnya di keruk.

“Ada wacana pemda mengeruk beberapa aliran sungai di wilayah Kalteng ini yang mengalami pendangkalan, nah kita minta itu dipercepat, karena aliran sungai ini merupakan salah satu fasilitas pendukung kelancaran aktivitas dipelabuhan,” ujarnya.

Dikatakannya bahwa pihaknya akan selalu mendukung upaya pemda untuk meningkatkan PAD Kalteng. “Kita pasti mendukung, karena tujuannya yaitu untuk meningkatkan kemajuan dan mensejahterakan masyarakat,” tandasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!