‘KALAKAI’ Kegiatan Pemenuhan Uang Layak Edar di Masyarakat 

 ‘KALAKAI’ Kegiatan Pemenuhan Uang Layak Edar di Masyarakat 

FOTO : Rombongan Mobil Kas Keliling pada kegiatan ‘KALAKAI’ resmi di lepas oleh Kepala KPw-BI Kalteng Taufik Saleh didampingi kepala dan perwakilan sejumlah perbankan di Kalimantan Tengah, Selasa (20/06/2023) pagi. Foto Yundhy Satrya 

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Dalam rangka mengoptimalisasi layanan penukaran uang kartal layak edar, maka Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah bersama sejumlah perbankan di wilayah Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan yang bertajuk “KALAKAI” (Kolaborasi Antarbank untuk LAyanan Kas terintegrasI).

Adapun kegiatan ini dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan uang layak edar dengan pecahan yang tepat dan sesuai kebutuhan pada mobil kas keliling, dengan menargetkan sejumlah lokasi diantaranya pasar tradisional, pasar modern, tempat rekreasi, pameran, terminal angkutan umum, bandara, pelabuhan dan pusat keramaian masyarakat lainnya.

Kegiatan secara resmi di launching mulai Selasa 20 Juni 2023, dan dilepas langsung oleh Kepala KPw-BI Kalteng Taufik Saleh yang didampingi sejumlah kepala dan perwakilan perbankan terkait lainnya.

Disela-sela kegiatan, Kepala KPW-BI Kalteng Taufik Saleh menyampaikan Kegiatan yang diberi tema “KALAKAI” ini akan bekerjasama dengan pihak perbankan wilayah Kalimantan Tengah untuk turut serta berperan aktif memenuhi kebutuhan akan uang layak edar di masyarakat.

“Penamaan KALAKAI bukan tanpa alasan melainkan sarat akan makna. Kalakai merupakan salah satu tumbuhan pakis yang hidup di sepanjang tanah gambut dan dapat kita jumpai hampir di seluruh wilayah Kalimantan Tengah. Sebagaimana kegiatan ini, kami harapkan dapat menjangkau dan melayani seluruh masyarakat di Kalimantan Tengah,” ujar Kepala KPw-BI Kalteng.

Taufik mengutarakan kegiatan ini merupakan rangkaian program kerja Bank Indonesia Kalteng yang telah disusun sebelumnya.

“Sebagai informasi, kami juga telah menyelenggarakan kegiatan Kas Keliling Susur Sungai pada 9-10 Mei 2023 dengan rute layanan sungai Kahayan- Pulang Pisau – Kapuas yang berada di tiga wilayah yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas,” ujarnya lagi.

Tidak hanya itu, ia juga menyebutkan untuk memaknai Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dan simbol kedaulatan bangsa, kami juga menggalakan kegiatan sosialisasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah yang dirangkai dalam tema “Betang Juara” (Belajar Tentang Sejarah Uang Rupiah).

“Kegiatan Betang Juara ini telah kami laksanakan di Kota Palangka Raya, Kota Kuala Kapuas, Kota Pangkalan Bun dan akan dilaksanakan juga di Kota Sampit pada pertengahan Agustus,” timpalnya.

Ia menambahkan kegiatan Betang Juara diharapkan dapat mengingkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat Kalimantan Tengah akan pentingnya menjaga dan merawat Rupiah.

Hal ini agar masyarakat Kalteng dapat terhindar dari tindak kejahatan uang palsu. Sebagai informasi, sampai dengan saat ini (Jan-Jun 2023), data Uang Palsu yang masuk ke BI Kalteng adaalah sebanyak 132 lembar, terdiri dari pecahan 100.000 dan 50.000.Penemuan Upal ini bersumber dari perbankan umum/PJPUR, temuan di loket penukaran/ pengolahan di BI Kalteng dan laporan dari aparat penegak hukum.

Saat ini, terdapat 6 (enam) bank turut serta dalam kegiatan layanan kas keliling yaitu; Bank Kalteng, BRI, Bank Mandiri, BNI, BTN dan Bank Muamalat. Secara teknis, Bank Indonesia akan mengagendakan jadwal dan lokasi kas keliling serta Bank yang akan melakukan layanan.

Pada dasarnya, layanan kas keliling menyediakan seluruh pecahan, dengan mengutamakan pecahan 20.000 (dua puluh ribu) ke bawah. Adapun informasi jadwal dan lokasi layanan KALAKAI di-update di kanal media sosial BI Kalteng (instagram) @bank_indonesia_kalteng. Sebagai informasi tambahan bahwa layanan KALAKAI ini tidak dipungut biaya.

Selain perbankan wilayah kota Palangka Raya, Bank Indonesia juga telah melakukan kerjasama layanan kas keliling dengan beberapa bank di wilayah Buntok, Muara Teweh, Sampit, Lamandau dan Pangkalan Bun. Ke depannya, Bank Indonesia akan memperluas daerah jangkauan layanan KALAKAI ke seluruh wilayah Kalimantan Tengah, bekerjasama dengan perbankan yang ada di daerah tersebut. (*)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!