Duwel Rawing Dorong Pemda Tingkatan SDM Pendidikan di Kalteng

 Duwel Rawing Dorong Pemda Tingkatan SDM Pendidikan di Kalteng

FOTO: Anggota Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Duwel Rawing mengatakan, perlu ada peningkatan fasilitas pendidikan baik sarana dan prasarana di Kalteng baik tenaga, sarana, dam sistem pembelajaran.
Menurut dia, pendidikan itu kan ada standar pelayanan minimal (SPM) baik tenaga sarana, sistem pembelajaran itu kelihatannya masih perlu didorong untuk ditingkatkan. ia mencintohkan, seperti di SMK banyak guru programnya kurang, bahkan untuk guru program hanya 1 saja.

Bahkan program tertentu gurunya hanya 1 saja, dan paling parah peralatan praktik, banyak SMK Otomotif misalnya di Tumbang Manggu, Kuala Kurun, alat praktiknya tidak tersedia, bagaimana kita bisa mendapatkan tenaga terampil kalau gurunya kurang, alat praktiknya, ini yang perlu didorong bersama, tidak siapa yang salah.  Ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk mempersiapkan SDM Kalteng.
“Di Catur daerah Tamban, yang bertepatan dengan lokasi Food Estate terdapat SMK dengan guru program hanya 1 orang. Bahkan alat handtracktor hanya 1 saja, ujar dia, Jumat (02/06/2023).
Duwel mengatakan padahal food estate itu kan pertanian modern, menggunakan peralatan. Bagaimana mereka nanti bisa untuk mengisi itu kalau memang alatnya tidak tersedia sarana praktiknya tidak tersedia
Oleh karena itu, Legislator dari fraksi PDI-P ini mengungkapkan fenomena ini menjadi tugas dan tanggung jawab bersama kedepan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM).
“Infrastruktur memang dibutuhkan, tetapi bukan hanya itu. Percuma infrastruktur disiapkan kalau tenaga tidak dipersiapkan kalau tenaga kita tidak dipersiapkan, yang memanfaatkan infrastruktur datang dari luar dan orang daerah itu merasa ditinggalkan. Dan ini yang menjadi benih-benih menimbulkan permasalahan bagi kita,” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!