Dukung Sinergitas Kolaborasi Pemda dan PLN untuk Perluas Jangkauan Layanan 

 Dukung Sinergitas Kolaborasi Pemda dan PLN untuk Perluas Jangkauan Layanan 

FOTO: Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, Sengkon, SE.,

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, Sengkon, SE., meminta kepada pemda di Kalteng ini supaya dapat lebih meningkatkan sinergitas dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam rangka untuk mempercepat pembangunan jaringan listrik hingga wilayah pelosok.

Menurut dia hingga saat ini masih banyak wilayah pelosok baik kecamatan maupun pedesaan khususnya di Kalteng yang jauh tertinggal dari segala aspek terutama tidak adanya jaringan listrik PLN yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Persoalan pembangunan jaringan listrik masih menjadi hal yang kerap dikeluhkan masyarakat terutama di pelosok, karena banyak masyarakat belum menikmatinya. Ini yang harus perlu menjadi salah satu fokus perhatian pemda,” kata dia, Selasa (20/06/2023)

Sengkon pun mencontohkan, seperti di Kecamatan Miri Manasa dan Mihing Raya di Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Dimana, 2 wilayah itu bahkan tidak layak disebut kecamatan, sebab hingga kini tidak ada jaringan listrik PLN di daerah tersebut.

Lanjutnya, padahal dimana-mana yang namanya kecamatan pastinya harus memiliki jaringan listrik yang memadai, sebab di kecamatan merupakan tempat pelayanan publik yang mewakili pemda kabupaten baik untuk kepengurusan adminstrasi dan sebagainya.

“Itu fakta yang kita lihat langsung di lapangan ketika reses lalu, dan perlu diketahui setingkat kecamatan atau kelurahan itu tidak memiliki dana desa yang bisa digunakan untuk membangun jaringan listrik. Jadi dalam hal ini pemda lah yang harus memperhatikan,” tuturnya.

Sengkon berharap, pemda baik Provinsi Kalteng maupun Gumas agar dapat memperhatikan kedua wilayah tersebut dan meningkatkan sinergitas dengan pihak PLN untuk melakukan percepatan pembangunan jaringan listrik kedua kecamatan itu.

“Terkait hal ini juga menjadi aspirasi masyarakat disana, mereka meminta aspirasi terkait pembangunan listrik ini bisa direalisasi dan dijadikan prioritas, karena memang sekelas kecamatan listrik sangat dibutuhkan. Kita pun mendoromg pemda supaya dapat secepatnya menindak lanjuti aspirasi tersebut,” tutupnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!