Dinilai Efekktif, Dewan Usulkan Tambah Mesin Combine

 Dinilai Efekktif, Dewan Usulkan Tambah Mesin Combine

KALTENGNEWS.co.id – KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), untuk mengalokasikan anggaran dalam rangka menambah jumlah alat mesin pertanian (alsintan) jenis combine atau mesih panen padi di wilayah setempat.

Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto mengatakan, bahwa keberadaan mesin combine sendiri dinilai sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat petani memanen lahan pertanian mereka.

“Saat inikan kita cuman punya tiga unit, dan kalau memang itu dirasa bermanfaat bagi para petani, ke depan perlu untuk kita anggarkan kembali,” katanya, Senin 19 Juni 2023.

Karena saat ini jumlah mesin combine masih terbatas, dirinya meminta agar sirkulsi atau sistem sewa yang dijalankan oleh DKPP Kabupaten Seruyan bisa diatur dan dilaksanakan sebaik mungkin. “Karena kemarin kita ada keluhan dari para petani, kami juga sudah koordinasikan dengan dinas terkait, dan sudah ditindaklanjuti,” ujarnya.

Seiring dengan hal tersebut, dirinya berharap agar dalam pelaksanaan sistem sewa di lapangan, jangan sampai hanya dimanfaatkan oleh individu yang sama secara terus menerus, karena hal tersebut akan menimbulkan kisruh di masyarakat.

“Mudah-mudahan ke depan, sistem penyewaannya diatur kembali, jangan orang-orang yang itu saja, berikan kesempatan pada yang lain. Dan lokasinya dibagi, jangan sampai menumpuk di satu tempat,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!