Warisan Adat Istiadat Harus Tetap Terjaga

 Warisan Adat Istiadat Harus Tetap Terjaga

FOTO: Anggota DPRD Barsel, Tri Wahyuni.

 

BUNTOK, Kaltengnews.co.id – Kalangan legislator DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) meminta seraya mengajak seluruh elemen masyarakat,  supaya dapat menjaga serta melestarikan budaya dan adat yang merupakan warisan leluhur agar tidak terkikis oleh zaman. Demikian dikatakan Anggota DPRD Barsel, Tri Wahyuni.

“Saya meminta kepada Mantir dan Damang lantaran dinilai memiliki peran sangat penting dalam menjaga khazanah nilai budaya masyarakat Dayak yang ada di wilayah Barsel,” ujar dia, Jumat (26/05/2023).

Ia juga sangat menyayangkan, di era globalisasi saat ini, para generasi muda lebih condong menyukai budaya luar. “Hal inilah yang harus dicegah, agar tidak kehilangan jati diri dari budaya yang kita miliki,” ujar dia lagi.

Lanjutnya, peran pemangku adat sangat vital karena paling mengetahui rentetan sejarah dan budaya yang diwariskan leluhur. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel sendiri telah menyediakan sarana dan prasarana penunjang. “Terutama penyediaan tempat kegiatan serta memanfaatkan bangunan kosong untuk keperluan adat,” tandas dia. (SG/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!