Tingkatkan SDM untuk Kurangi Angka Pengangguran

 Tingkatkan SDM untuk Kurangi Angka Pengangguran

PELATIHAN – Bupati Lamandau memantau kegiatan pelatihan kerja berdasarkan unit kompetensi pengolahan bisnis kopi atau pelatihan barista.

 

NANGA BULIK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau terus berkomitmen untuk mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah setempat melalui berbagai pelatihan.

Bupati Lamandau, Hendra Lesmana menilai, salah satu cara dalam mengurangi angka pengangguran di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini yaitu dengan meningkatkan kualitas SDM itu sendiri.

“Jika SDM sudah memadai, maka para pencari kerja akan mudah dalam mencari kerja bahkan untuk membuka peluang usahanya sendiri,” kata Bupati Hendra di Nanga Bulik, Senin, (1/5).

Dijelaskannya, saat ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas para pencari kerja, seperti menggelar workshop, pendidikan dan pelatihan.

Baru-baru ini, pihaknya telah melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi bagi para pekerja. Hal tersebut agar para pencari kerja memiliki keterampilan yang beragam.

“Kalau sudah memiliki banyak keterampilan, tentu akan mudah mencari pekerjaan,” ucapnya.

Selain itu, dalam mengurangi angka pengangguran, lanjut dia, pihak swasta atau perusahaan dapat bekerja sama dengan pemerintah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberdayakan masyarakat, terutama bagi para pencari kerja.

“Dengan begitu para pencari kerja memiliki kompetensi, integritas serta daya saing sehingga akan mengurangi tingkat pengangguran,” pungkasnya.(fit)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!