Setiap UMKM Harus Punya Produk Unggulan

 Setiap UMKM Harus Punya Produk Unggulan

FOTO: Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Ardiansyah.

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Ardiansyah mendorong pemerintah kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur, supaya dapat memetakan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) secara terperinci. Hal ini dimaksudkan guna memudahkan pembinaan, sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19.

“Penentuan wilayah ini menjadi sangat  penting, karena diharapkan dapat memberikan suatu gambaran yang jelas, kawasan mana saja yang memungkinkan untuk dikembangkan,” ujar Dia, Selasa (02/05/2023).

Menurut Dia, setiap UMKM di wilayah Kotawaringin Timur hendaknya dapat memiliki suatu produk unggulan, sekaligus pula diharapkan dapat menjadi Produk Unggulan Daerah.

“Sebagaimana diketahui bersama bahwa Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Potensi ini harus dipetakan dan dikelola secara baik, sehingga dapat menjadi produk unggulan daerah,” ujar Dia lagi.

Dia mengatakan sumber daya alam dan sumber daya manusia lokal, harus dioptimalkan dalam mengembangkan produk unggulan daerah. Upaya tersebut diharapkan dapat memberikan nilai tambah yang tinggi bagi masyarakat lokal serta melibatkan UMKM di Kabupaten Kotawaringin Timur ini.

Pemilihan produk unggulan harus dilakukan secara tepat dan benar agar bisa maksimal pengembangannya. Perlunya kajian tentang kekhasan produk unggulan, jangan sampai yang ditetapkan sebagai produk unggulan daerah adalah produk yang di daerah lain banyak, bahkan lebih banyak dibandingkan daerah kita.

Produk unggulan tersebut harus berasal dari kekhasan Kotim sendiri sehingga mudah untuk dikembangkan dan dilestarikan. Untuk itu masukan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian penting sebagai bahan dalam penentuan produk.

“Kami menilai ini merupakan kado besar bagi kawan-kawan penggerak UMKM dalam rangka penguatan ekonomi dan mengangkat identitas daerah,” tandas Dia. (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!