Se-Nasional DBH Sawit 2023 Capai Rp3,4 Triliun, Legislator DPRD Kalteng Sambut Baik Kebijakan Pemerintah Pusat

 Se-Nasional DBH Sawit 2023 Capai Rp3,4 Triliun, Legislator DPRD Kalteng Sambut Baik Kebijakan Pemerintah Pusat

FOTO: Ilustrasi Aktivifitas Buruh Sawit. (Net.)

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Sumber Daya Alam dan Perekonomian, Fajar Hariady menyambut baik adanya kebijakan dari pemerintah pusat yang telah menyetujui, dan akan menyalurkan Dana Bagi Hasil (DBH)  Sawit tahun 2023 sebesar Rp3,4 triliun se-Nasional.

“Berdasarkan informasi yang didapat, penyaluran DBH Sawit 2023 akan dilakukan kedalam dua tahap, yakni pada Mei 2023 ini sebesar 50 persen, dan pada Oktober 2023 sebesar 50 persen untuk 350 daerah di Indonesia, termasuk pula Kalimantan Tengah,” tulis Fajar, melalui pesan WhatsApps pribadinya, kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Selasa (08/05/2023) siang.

FOTO : Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Fajar Hariady.

Lanjut Dia, alokasi DBH Sawit ini sebenarnya memang sudah sangat lama dicita-citakan oleh Provinsi serta Kabupaten penghasil sawit. “Perjuangan panjang itu akhirnya membuahkan hasil dan saya mengapresiasi perjuangan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan jajaran terkait, yang telah memperjuangkan untuk keadilan provinsi  penghasil sawit melalui skema DBH ini,” ujar Dia lagi.

Legislator dari Fraksi PKB DPRD Kalteng ini berharap melalui Kebijakan ini daerah Sentra penghasil sawit akan mendapatkan manfaat  dari hadirnya investasi perkebunan kelapa sawit yang sangat besar di Kalteng ini.

“Kita berharap Rancangan Peraturan Pemerintah atau RPP segera terbit sehingga Juknis untuk apa saja DBH ini bisa digunakan,Kita harapkan penggunaanya lebih bisa lebih diarahkan untuk infrastrukur seperti jalan, jembatan, sekolah terutama kesejahteraan guru, serta pusat kesehatan masyarakat,” tandas Wakil Rakyat asal Dapil Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan ini. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!