Maksimalkan Potensi Sektor Ketahanan Pangan di Kalteng 

 Maksimalkan Potensi Sektor Ketahanan Pangan di Kalteng 

FOTO: Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, H. Purman Jaya, S.Sos.,

PALANGKA RAYA , Kaltengnews.co.id – Pengembangan sektor ketahanan pangan, meliputi pertanian, perkebunan hortikultura, perikanan maupun peternakan di Kalteng ini, memang perlu terus didorong. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan ketahanan pangan di daerah. Demikian hal ini disampaikan oleh Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, H. Purman Jaya, S.Sos., Selasa (16/05/2023).

“Hal itu penting untuk menyokong kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya bertambah serta memenuhi stok daerah agar tidak kekurangan terhadap pangan dan mengurangi ketergantungan dengan provinsi lain di Indonesia ini,” ujar dia.

Menurut dia, daerah ini harus mampu mandiri utamanya dalam hal memenuhi kebutuhan pangan. Kita ketahui Kalteng sendiri kaya akan SDA itu harus dimanfaatkan dengan optimal, jadi program terhadap sektor berkaitan dengan pangan itu perlu terus didorong.

“Setiap daerah pastinya memiliki potensi untuk mengembangkan sektor-sektor tersebut, contohnya saja seperti di wilayah DAS Barito khususnya Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Untuk mengembangkan utamanya sektor perikanan sangat menjanjikan,” ujarnya lagi.

Oleh karena itu, hal tersebut harus dapat dioptimalkan dengan mencanangkan program pengembangan perikanan berkelanjutan.

Selain itu, usaha masyarakat yang berkaitan dengan itu juga perlu didukung, sehingga kedepan dapat mampu memenuhi kebutuhan pangan daetah dengan maksimal.

“Banyak diantara masyarakat yang mengharapkan dukungan atau bantuan pemda terkait pengembangan sektor perikanan di wilayah Barsel, karena memang disana itu potensinya menjanjikan sebab ada banyak aliran sungai yang dapat dimanfaatkan,” imbuhnya.

ia berharap kemandirian Kalteng dapat terwujud dalam hal memenuhi kebutuhan pangan kedepan. Akan tetapi, sebelum itu program pada sektor pertanian, perkebunan hortikultura, perikanan, serta peternakan agar dapat terua digencatkan secara merata.

“Kita optimis Kalteng mampu mandiri pada beberapa tahun kedepan dalam hal memenuhi kebutuhan pangan asalkan program yang berkaitan dengan itu terus ditingkatkan dan digencarkan, kita pastinya akan mendukung upaya-upaya yang akan dilakukan pemda jika itu kebaikan masyarakat dan daerah,” tandasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!