Legislator Kotim Dorong SOPD Pacu Kreatifitas Gali PAD

 Legislator Kotim Dorong SOPD Pacu Kreatifitas Gali PAD

FOTO: Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Ardiansyah.

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Ardiansyah meminta satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) pemerintah daerah setempat lebih memacu kreatifitasnya dalam menggali pendapatan asli daerah (PAD) paska pandemi COVID-19.

“Kami ingin seluruh SOPD bisa lebih gigih dan kreatif dalam menggali PAD, dan disesuaikan dengan potensi yang dapat dikembangkan,” ujar Dia, Senin (15/05/2023).

Menurut Dia, pandemi Covid-19 memiliki dampak besar terhadap perekonomian daerah. Pendapatan daerah pun ikut merosot sehingga kemampuan membiayai pembangunan juga berkurang.

“Untuk itu, saya meminta seraya mendorong kepada seluruh SOPD yang diberi amanah memungut retribusi maupun pajak daerah diharapkan bisa lebih kreatif agar pendapatan asli daerah tetap mengalir seiring upaya pemerintah mendorong peulihan ekonomi daerah,” ujar Dia lagi.

Ardiansyah menambahkan semua pihak memahami bahwa kondisi cukup sulit karena perekonomian masih terdampak pandemi. Untuk itu dibutuhkan  suatu kreatifitas dari setiap SOPD agar retribusi dan pajak daerah tetap bisa mengalir meski nilainya belum sebesar ketika belum terjadi pandemi Covid-19.

Politisi PAN ini sependapat dengan Bupati Halikinnor bahwa saat ini pemerintah daerah membutuhkan pimpinan SOPD yang punya terobosan agar tetap maksimal meski di tengah keterbatasan yang ada.

Ardiansyah meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi capaian target perolehan PAD di setiap SOPD nantinya. Dengan adanya evaluasi tersebut diharapkan dapat diketahui kendala yang dihadapi oleh SOPD yang bersangkutan.

“Saya yakin masih ada peluang-peluang untuk mengoptimalkan PAD, paska pandemi Covid-19. Hal pentingnya lagi, saat ini pemerintah tengah gencar-gencarnya melakukan pemulihan ekonomi supaya dapat terus berjalan dengan baik. Maka dari itu, kami sangat mendorong agar SOPD lebih kreatif,” tandas Dia. (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!