Legislator DPRD Kotim Minta Pemkab Jadi Penjamin Pinjaman UMKM

 Legislator DPRD Kotim Minta Pemkab Jadi Penjamin Pinjaman UMKM

FOTO: Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur Juliansyah.

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur Juliansyah meminta seraya berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah supaya dapat secara serius membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) misalnya menjadi penjamin dalam pinjaman modal di bank.

“Kami rasa itu bisa dilakukan dengan kerja sama antara pemerintah daerah dengan bank. Jadi, pelaku UMKM bisa mendapatkan modal tanpa harus menyerahkan agunan karena sudah ada pemerintah daerah selaku penjamin dan pemberi subsidi,” ujar Dia, Sabtu (06/05/2023).

Menurut Dia, sektor UMKM memegang peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian daerah. Sektor ini juga bersentuhan langsung dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat kecil.

Saat ini pelaku UMKM sangat bersemangat untuk bangkit paska pandemi COVID-19. Semangat ini perlu didukung oleh semua pihak, khususnya pemerintah daerah. “Kendala klasik yang sering dihadapi pelaku UMKM adalah permodalan. Pemerintah daerah diharapkan hadir membantu kemudahan pelaku UMKM mengakses permodalan dari perbankan,” ujar Dia lagi.

Lanjut Sekretaris Fraksi Gerindra dan Sekretaris DPC Partai Gerindra Kotawaringin Timur ini mengatakan pemerintah daerah bisa bekerjasama dengan perbankan. Pelaku UMKM bisa mendapatkan pinjaman modal maksimal Rp10 juta tanpa agunan karena sudah ada pemerintah daerah sebagai penjamin.

Bahkan pemerintah daerah bisa membantu subsidi modal sehingga pelaku UMKM tidak perlu dibebani bunga oleh bank. Jika ini bisa ditetapkan di Kotawaringin Timur maka diyakini akan sangat membantu pelaku UMKM.

“Artinya, pelaku UMKM hanya membayar biaya pokok saja. Ini akan sangat membantu pelaku UMKM karena bisa meringankan beban mereka dalam hal mendapatkan permodalan,” tambah Juliansyah.

Juliansyah berharap pemerintah daerah, khususnya melalui Dinas Koperasi dan UKM membuat terobosan-terobosan dalam membantu pelaku UMKM. Jangan sampai kendala-kendala klasik terus menjadi penghambat berkembangnya sektor UMKM di Kotawaringin Timur. (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!