KSP Harus Terapkan Tata Kelola yang Transparan

 KSP Harus Terapkan Tata Kelola yang Transparan

RESMIKAN – Bupati Lamandau Hendra Lesmana menandatangani prasasti saat acara peresmian gedung baru CU Semandang Jaya Nanga Bulik.

NANGA BULIK – Bupati Lamandau Hendra Lesmana meminta seluruh koperasi simpan pinjam (KSP) dikelola oleh orang-orang kompeten secara profesional, sehingga mampu menerapkan tata kelola yang transparan.

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba itu saat meresmikan gedung baru KSP berbentuk Credit Union (CU) Semandang Jaya Nanga Bulik.

“Koperasi (credit union) sebagai badan usaha yang berdasarkan atas asas kekeluargaan harus dapat memberi jawaban, yakni terciptanya kesejahteraan bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya,” ucap Hendra, Senin, (22/5).

Diakatakan Bupati, hal itu hanya akan terwujud jika koperasi dikelola oleh orang-orang yang memiliki kompetensi di bidangnya. Ia tidak ingin keberadaan koperasi menjadi persoalan baru di tengah masyarakat karena tidak dikelola dengan baik.

“Ambil contoh KSP Indo Surya, karena tujuan awal pendirian tidak diniatkan untuk memberi manfaat bagi anggota, akhirnya malah membuat kerugian bagi anggotanya,” beber Hendra.

Pemkab Lamandau, kata Hendra, akan terus mendorong koperasi yang ada menjadi badan usaha yang sehat dengan menerapkan asas tata kelola yaitu transparan, akuntabilitas, mandiri dengan mengacu pada nilai dan prinsip koperasi.

“Saya harap keberadaan CU Semandang Jaya turut serta membantu pemerintah daerah untuk memajukan perekonomian masyarakat,” harap Bupati.(fit)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!