Infrastruktur Perdesaan di DAS Barito Perlu Ditingkatkan 

 Infrastruktur Perdesaan di DAS Barito Perlu Ditingkatkan 

FOTO: Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Ir. Yulilis

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Ir. Yulilis menyampaikan infrastruktur menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi masyarakat, diantaranya sebagai akses keluar masuk wilayah maupun perekonomian. Sehingga keberadaan infrastruktur ini harus dapat diperhatikan secara merata.

Legislator Perempuan asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya ini pun mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota untuk dapat meningkatkan pembangunan infrastruktur khususnya yang ada di pedesaan, dan tidak hanya terfokus di wilayah perkotaan saja

“Pembangunan infrastruktur di wilayah perkotaan sudah dinilai cukup baik, namun sebaliknya di wilayah perdesaan masih banyak yang kurang memadai,” ungkap dia, Jumat (05/05/2023).

ia mencontohkan, seperti halnya di wilayah Dapil Kalteng IV meliputi DAS Barito khususnya di Kabupaten Murung Raya. Sejumlah desa disana terutama yang ada dipelosok banyak yang masih terisolasi karena tidak adanya infrastruktur memadai baik jalan maupun jembatan.

Kebanyakan masyarakat desa disana untuk bepergian keluar wilayah harus menggunakan jalur sungai yakni memakai sarana perahu atau kelotok, dan ketika pada musim kemarau tentu itu sangat menulitkan, sebab kebanyakan jalur sungai saat air surut itu terdapat bebatuan.

“Kondisi seperti itu sangat membayakan bagi masyarakat, dan itu terpaksa karena tidak ada jalur darat. Diera sekarang ini masih banyak desa yang tertinggal, sehingga pemda harus dapat maksimal memperhatikan hal ini, jangan hanya memperhatikan yang ada di wilayah perkotaan saja,” kata dia.

Selain itu, dengan adanya infrastruktur memadai juga akan dapat mempercepat pembangunan pada sektor lainnya seperti mengalirkan jaringan listrik ke desa-desa yang da dipelosok, telekomunikasi, peningkatan sarana kesehatan dan pendidikan serta lain sebagainya.

“Kita tidak bisa pungkiri hal itu juga menjadi keluhan masyarakat, setiap melaksnakan reses di DAS Barito utamanya Kabupaten Murung Raya masyarakat di sana kerap menyampaikan aspirasi baik terkait infrastruktur, jaringan listrik, telekomunikasi dan yang terkait lainnya. Jadi ini yang kita inginkan pemda memperhatikannya,” tandasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!