Dorong Pemda Berikan Dukungan untuk Pengembangan Sektor Ketahanan Pangan 

 Dorong Pemda Berikan Dukungan untuk Pengembangan Sektor Ketahanan Pangan 

FOTO: Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua Komisi IIII DPRD Kalteng, Siswandi menyebut sektor usaha masyarakat, baik itu di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, maupun perikanan di seluruh wilayah Kalimantan Tengah ini perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah (Pemda).

Menurut dia, dukungan tersebut penting diberikan, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan. “Dukungan dimaksudkan bisa dilakukan dalam bentuk dukungan modal ataupun bibit pertanian, peternakan, perkebunan hortikultura dan perikanan, pupuk, alsintan, cetak sawah baru serta lain sebagainya, sehingga nantinya ketahanan pangan mandiri dan daerah bisa diwujudkan,” ujar dia, Senin (22/05/2023).

Politikus Partai Demokrat Kalteng ini mengutarakan ketika kita melaksanakan reses banyak diantara masyarakat mengharapkan dukungan pemda terhadap sektor usaha yang digeluti mereka contohnya seperti masyarakat di 10 desa yang ada di wilayah DAS Barito memang perlu dukungan dari pemerintah daerah.

“Tidak hanya itu, masyarakat di wilayah Kalteng juga kerap menyampaikan aspirasi serupa. Oleh karenanya, pemda di Kalteng ini melalui instansi terkait agar menjadikan aspirasi itu masuk dalam program prioritas, sebab Kalteng sendiri kedepan akan menjadi salah satu daerah penyangga IKN di Kaltim,” ujarnya lagi.

Siswandi menuturkan Kalteng ini harus mampu mandiri, tidak hanya progran pemerintah pada sektor ketahanan pangan saja yang diperhatikan, tapi juga usaha masyarakat, dengan dukungan pastinya kita akan mampu mandiri untuk memenuhi kebutuhan pangab daerah yang selama ini kita setahui masih bergantung dengan provinsi lain.

ia menambahkan potensi usaha masyarakat sangat menjanjikan untuk mewujudkan ketahanan pangan, sebab pemerintah jangan hanya mengandalkan program strtegis misalnya seperti food estate saja, akan tetapi juga usaha masyarakat pada sektor yang sama

“Pada intinya tidak hanya kesejahteraan ataupun perekonomian masyarakat yang dapat meningkat dari dukungan yang diberikan, tapi juga daerah dari segi ketahanan pangan, ini yang kita dorong pemda supaya dapat memperhatikan hal-hal tersebut,” pungkas Siswandi. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!