Dorong Partisipasi Pemilih Pemula, LPP RRI Palangkaraya Lakukan Gerakan Cerdas Memilih

 Dorong Partisipasi Pemilih Pemula, LPP RRI Palangkaraya Lakukan Gerakan Cerdas Memilih

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – LPP RRI Palangka Raya bekerjasama dengan KPU Kota Palangka Raya, Bawaslu Kalteng, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR), dan Komisi Informasi Kalteng menggelar Gerakan Cerdas Memilih yang dikemas kedalam bentuk dialog interaktif. Acara ini berlangsung pada Rabu (31/05/2023) pagi, di Aula Pertemuan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Kegiatan ini mengusung tema “Menuju Pemilih Cerdas di Pemilu 2024” yang diikuti oleh sekitar 315 peserta, rata-ratanya adalah pelajar dan mahasiswa yang notabene adalah pemilih pemula. Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber berkompeten dibidangnya masing-masing, yakni Ketua KPU Kota Palangka Raya Dr. Ngismatul Chairiyah, M.Pd., Wakil Rektor III UMPR Apt. Guntur Satria Pratama, S.Farm., M.Si., Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah Daan Risman, S.IP., dan Anggota Bawaslu Kalteng Hj. Siti Wahidah, serta dipandu oleh Moderator Septina Trisnawati.

Usai kegiatan, saat diwawancarai redaksi Kaltengnews.co.id, Kepala LPP RRI Dra. Dwi Korainingsih, MA., menyampaikan Gerakan Cerdas Memilih ini dilaksanakan secara serentak hari ini oleh LPP RRI Se-Indonesia. Dimana, RRI merupakan lembaga siar atau media milik negara dan membawa nama negara, tentunya memiliki andil besar untuk mensuksesi Pemilu 2024 mendatang. Karena, inilah dapat diberikan oleh RRI untuk negara, salah satunya mendorong tingkat partisipasi pemilih pemula melalui sejumlah program siaran yang dimiliki. Adapun target peserta kegiatan ini adalah para pelajar dan mahasiswa yang menjadi pemilih pemula pada Pemilu 2024 mendatang.

“LPP RRI Palangka Raya memiliki komitmen tinggi untuk mengedukasi seraya mengajak para generasi muda di seluruh wilayah Bumi Tambun Bungai ini yang telah masuk kategori menjadi pemilih pemula agar dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang, melalui sejumlah program siaran maupun adlibs (iklan ,red) di RRI Pro 1, RRI Pro 2, RRI Pro 3 dan RRI Pro 4,” ujar Kepala LPP RRI Palangka Raya.

Lanjut Dwi Korainingsih mengatakan saat ini RRI Palangka Raya terus melakukan perluasan jangkauan siar, dengan harapan dapat menjangkau daerah-daerah pelosok Kalimantan Tengah. Ia juga menambahkan kegiatan serupa akan kembali dilaksanakan, setidaknya ada 4 (empat) kegiatan yang akan dilaksanakan, dan kegiatan hari ini adalah yang pertama, kemudian selanjutnya akan kembali dilaksanakan di sekolah-sekolah.

Tidak lupa, Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh narasumber dan para peserta yang telah hadir meramaikan kegiatan ini. ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat, terutama dalam rangka mencerdaskan pemilih pemula supaya dapat secara aktif mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Sementara itu, masih dihari dan kegiatan yang sama, Anggota Bawaslu Kalteng Hj. Siti Wahidah yang juga menjadi narasumber kegiatan menyebutkan berdasarkan data yang dimiliki, jumlah pemilih pemula pada Pemilu 2024 cukup mendominasi, yakni berkisar 30 sampai 35 persen dari jumlah pemilih seKalimantan Tengah.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh LPP RRI Palangka Raya ini dinilai sangat positif dan memang perlu didukung. Pasalnya, selama ini RRI Palangka Raya sangat aktif atau rutin menyiarkan sejumlah program siaran yang mengedukasi dan mengajak para generasi muda sebagai pemilih pemula untuk aktif menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang,” kata Dia.

Hj. Siti Wahidah juga menyebutkan data pemilih pemula di Kota Palangka Raya ada sekitar 15.000 orang. ia berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi para pemilih pemula, sehingga para pemula dapat mengetahui seluruh tahapan-tahapan pemilu yang sedang berlangsung ini. “Harapan kami, para pemilih pemula dapat benar-benar aktif menggunakan hak pilihnya pada hari pemberian suara (HPS) pada 14 Februari 2024 mendatang,” tandas Dia. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!