Banyak Potensi PAD Desa Yang Belum Dimaksimalkan

 Banyak Potensi PAD Desa Yang Belum Dimaksimalkan

FOTO: Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Dadang Siswanto.

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Dadang Siswanto menilai potensi pendapatan asli daerah (PAD) yang tersebar di desa-desa masih banyak yang belum dioptimalkan.

“Menurut pengamatan saya di banyak desa, potensi PBB (pajak bumi dan bangunan), walet dan kebun sawit. Itu harus didata karena potensi PAD yang sangat menjanjikan,” ujar Dia, Kamis (04/05/2023).

Dia memperkirakan masih banyak tanah, bangunan dan kebun yang belum terdata sebagai objek pajak. Otomatis, potensi-potensi itu belum dioptimalkan untuk berkontribusi membantu meningkatan pendapatan asli daerah.

Seperti banyaknya bangunan budidaya sarang burung walet, saat ini diyakini banyak yang belum terdata optimal. Padahal ada potensi besar di bidang ini yakni dari PBB dan pajak sarang burung walet.

Tidak hanya itu, Dia juga menyarankan Badan Pendapatan Daerah bersinergi dengan instansi terkait lainnya dalam mengoptimalkan pendataan objek pajak. Jika jumlah objek pajak yang ditetapkan bertambah maka potensi pendapatan yang bisa dipungut juga akan meningkat.

“Petugas belum sampai ke desa-desa. Bagaimana masyarakat desa mau membayar pajak kalau belum didata oleh petugas. Saya yakin ini bisa meningkatkan PAD,” tandas Dia. (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!