Warga Sekolah Diimbau Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

 Warga Sekolah Diimbau Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Dalam upaya pelestarian lingkungan sekolah, ada sejumlah hal yang harus dijaga dan dilakukan oleh warga di lingkungan sekolah. Salah satunya dengan mengurangi atau bahkan tidak menggunakan plastik baik untuk membungkus makanan maupun minuman.

“Sekolah merupakan tempat yang ideal untuk menggali ilmu serta berbagi ilmu pengetahuan termasuk tentang pengelolaan lingkungan yang baik dan benar, hal ini bisa dimulai dari lingkungan sekolah itu sendiri,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Irfansyah, Kamis 13 April 2023.

Menurutnya, global warming, istilah yang menjadi pembicaraan akhir-akhir ini. Sebuah fenomena alam yang sungguh mengkhawatirkan seluruh penduduk. Dan semua itu disebabkan oleh ulah manusia. Padahal manusia adalah mahluk biotik berakal yang dari kegiatannya mahluk lain bergantung kelangsungan hidup.

“Manusia kini cenderung lupa jika bumi ini cuma titipan dari anak-cucu. Emisi yang dihasilkan oleh pembakaran yang dilakukan industri besar, penebangan hutan tanpa kontrol, gagalnya reboisasi, dan pemborosan energi adalah contoh pengelolaan alam yang salah,” ucapnya.

Tambahnya, hal kecil dapat dimulai di lingkungan sekolah misal juga melakukan penanaman pohon atau penghijauan lingkungan sekolah sehingga terciptanya lingkungan yang asri dan bersahabat dengan alam.

“Gerakan sayang lingkungan, di sekolah-sekolah sebagian besar sudah menggalakkan penghijauan. Misalnya, setiap peserta didik yang diberi tugas untuk membawa tanaman ke sekolah. Ini sebuah langkah yang perlu di puji,” ujarnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!