Sembilan Lulusan FMIPA UPR Resmi ‘Dilepas’ Dalam Yudisium S1 Periode April 2023

 Sembilan Lulusan FMIPA UPR Resmi ‘Dilepas’ Dalam Yudisium S1 Periode April 2023

FOTO : Unsur Senat FMIPA UPR, Dekan FMIPA UPR dan 9 Orang Lulusan FMIPA UPR melakukan sesi foto bersama, dalam kegiatan Yudisium Periode April 2023, Kamis (27/04/2023) pagi. (Foto Yundhy Satrya)

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan kegiatan Yudisium Sarjana (S1) Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 bagi 9 (sembilan) orang lulusannya, Kamis (27/04/2023) pagi, bertempat di Aula FMIPA UPR, Jalan Hendrik Timang, Kota Palangka Raya.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Senat FMIPA Prof. Dr. I Nyoman Sudyana, M.Sc beserta jajaran, Dekan FMIPA UPR Dr. Siti Sunariyati, M.Si didampingi Wakil Dekan FMIPA, Ketua Program Studi yang ada di lingkup FMIPA, Dosen, Tenaga Administrasi, 9 orang Lulusan beserta orang tua/walinya.

Disela-sela kegiatan, saat diwawancarai redaksi Kaltengnews.co.id, Ketua Senat FMIPA UPR Prof. Dr. I Nyoman Sudyana, M.Sc menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh yudisiawan dan yudisiawati yang telah berhasil menyelesaikan masa studinya di FMIPA UPR.

Dia mengatakan seraya berpesan kepada 9 orang lulusan agar tidak cepat berpuas diri melalui pencapaian yang telah berhasil diraih sekarang ini. Justru, dengan keberhasilan menyelesaikan studi S1 nya di FMIPA UPR, maka tantangan kedepan yang dihadapi akan semakin berat.

“Saya menantang kepada seluruh lulusan dari FMIPA UPR yang berkemampuan, supaya dapat langsung melanjutkan studi ke jenjang S2 di Program Pascasarjana UPR. Dimana, tantangan ini sekaligus pula sebagai upaya motivasi kepada setiap lulusan FMIPA UPR agar dapat melanjutkan studinya. Karena, setiap lulusan dari UPR yang melanjutkan studi di Program Pascasarjana UPR dipastikan akan dibebaskan biaya pengembangan institusi senilai Rp6 juta,” kata Prof. Nyoman yang sekarang menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana (PPs) UPR ini.

Dia juga berharap kepada setiap lulusan dari FMIPA UPR ini dapat terus berinovasi dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh agar bisa bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

Sementara itu, Dekan FMIPA UPR Dr. Siti Sunariyati, M.Si menyampaikan ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas gelaran Yudisium dan Wisuda Periode April 2023 ini.

Simbolis : Penyematan Selempang Tanda Kelulusan oleh Dekan FMIPA UPR Dr. Siti Sunariyati, M.Si (kanan, kerudung putih) kepada Lulusan Periode April 2023. (Foto Yundhy Satrya)

“Meski sekarang, FMIPA UPR baru berusia 5 tahun, dianggap masih ‘balita’ namun terhitung sejak Wisuda Periode April 2022, Wisuda Periode Desember 2022 dan Wisuda Periode April 2023 ini sudah berhasil ‘melahirkan’ 40 orang lulusan. Ya, Alhamdulillah juga beberapa lulusan dari angkatan pertama dan kedua sudah ada yang bekerja sesuai dengan harapan mereka,” ujar Dia.

Dr. Siti Sunariyati berharap kepada setiap lulusan di Periode April 2023 ini, juga bisa sesegeranya mendapatkan pekerjaan dan terserap di berbagai sektor pekerjaan ataupun bisa melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi lagi, seperti yang ditawarkan oleh Direktur Program Pascasarjana UPR tadi.

Dia menyebut saat ini FMIPA UPR sudah memiliki 4 (empat) Program Studi, yakni Prodi Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika. Tidak hanya sebatas itu, kedepan pihaknya juga telah mempersiapkan pembukaan program studi Farmasi. Sebagai modal awalnya, FMIPA UPR kini telah memiliki sedikitnya 10 orang tenaga pendidik (dosen, red) di bidang Farmasi.

Dimana, harapannya Prodi Farmasi yang akan dibuka tersebut tentunya juga akan mengedepankan prinsip dan nilai-nilai Kearifan Lokal dan Potensi Daerah Kalimantan Tengah yang selaras dengan Pola Ilmiah Pokok UPR.

Sementara ini, pihaknya juga masih menunggu kebijakan dari Kemendikbudristek RI. Pasalnya, untuk sementara pembukaan program studi baru masih di moratorium. Namun demikian, untuk semua persyaratan sudah dilengkapi dan dipersiapkan dengan baik.

“Saya juga berpesan, kepada setiap lulusan agar dapat terus mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah dibekali selama mengenyam pendidikan di FMIPA UPR ini. Selain dibekali berbagai ilmu pengetahuan, kami juga telah mentransfer nilai-nilai pendidikan karakter, sehingga diharapkan seluruh lulusan dapat menjadi lulusan yang Unggul dan Berkarakter,” tandas Dia.

Sekedar menginformasikan, dalam rangkaian kegiatan Yudisium FMIPA UPR Periode April 2023 ini juga dilakukan penyematan selempang secara simbolis kepada setiap lulusan, penyerahan sertifikat secara simbolis, penyampaian pesan dan kesan dari perwakilan lulusan maupun orang tua/wali lulusan, serta diakhiri dengan sesi foto bersama. Dari 9 orang lulusan, 1 diantaranya lulus dengan Predikat Cumlaude, dari Prodi Fisika perolehan IPK 3,89 masa studi 3 tahun 8 bulan. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!