Sekolah Didorong Perlombakan Kebersihan Kelas

 Sekolah Didorong Perlombakan Kebersihan Kelas

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menilai lomba kebersihan kelas harus digalakan di sekolah-sekolah sebagai wujud kecintaan peserta didik terhadap lingkungan dan mengajarkan untuk menjaga kebersihan.

“Kegiatan lomba dengan tema lingkungan bisa membuat peserta didik lebih menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Banyak sekolah yang secara rutin mengadakan lomba kebersihan kelas. Ini sebagai motivator bagi peserta didik untuk dapat lebih menjaga kebersihan lingkungan kelasnya,” ujar Plt Kepala Disdik Kotim, Irfansyah, Kamis 13 April 2023.

Sehingga mereka tidak terlalu bergantung pada petugas kebersihan sekolah. Karena kebersihan adalah tanggung-jawab bersama. Karena memang kebutuhan bersama dan dinikmati bersama.

“Sekolah juga bisa memberi sanksi yang tegas pada setiap pelaku pencemaran lingkungan, misalnya sanksi akademik bagi peserta didik yang membuang sampah sembarang tempat. Dan sekolah dapat memberi hadiah pada peserta didik yang berani melaporkan pelaku pencemaran pada sekolah. Ini juga wujud pendidikan akan kejujuran,” ujarnya.

Selain itu kata Irfansyah, diharapkan sekolah juga melakukan pemasangan slogan-slogan bertema lingkungan di sekolah. Slogan bertema lingkungan dapat ditempel di tempat-tempat strategis di sekolah.

“Hal ini guna menanamkan rasa cinta kebersihan dan lingkungan. Misal slogan bertuliskan hijau itu indah, rindang sekolahku terpandang jiwaku, bumi yang sejuk di mulai dari sekolahku, satu pohon untuk bumiku dan masih banyak contoh slogan lain yang dapat ditempel sebagai langkah sosialisasi tentang pentingnya kelestarian alam,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!