Sebanyak 719 Lulusan Diwisuda, UPR Gelar Sidang Terbuka Senat Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode April 2023

 Sebanyak 719 Lulusan Diwisuda, UPR Gelar Sidang Terbuka Senat Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode April 2023

FOTO : Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS beserta unsur Senat Universitas Palangka Raya dalam kegiatan Sidang Terbuka Senat Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode April 2023 serta Pengukuhan Guru Besar, Sabtu (29/04/2023). Foto Ist

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar Sidang Terbuka Senat Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode April 2023 serta Pengukuhan Guru Besar, Sabtu (29/04/2023) bertempat di Aula Palangka UPR, Jalan Henrik Timang, Kota Palangka Raya.

Kegiatan wisuda dan Periode April 2023 ini diikuti oleh 719 lulusan UPR dari Program S1, S2, S3 dari berbagai program studi yang ada, serta Pengukuhan Satu Orang Guru Besar dari Program Studi Matematika FKIP UPR yakni Prof. Dr. Jackson Pasini Mairing, M.Pd.

Usai kegiatan, saat dibincangi redaksi Kaltengnews.co.id, Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan dan wisudawati program Sarjana, Magister maupun Doktor dari berbagai program studi dan jurusan, karena telah berhasil menjalani Wisuda Periode April 2023 ini.

FOTO : Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS.,

“Saya berharap kepada para lulusan dari UPR, dapat memberikan makna bagi pembangunan daerah maupun nasional. Harapan saya mereka juga dapat terserap di berbagai lapangan pekerjaan yang ada, dan mampu bersaing dan berkontribusi di kancah regional, nasional bahkan internasional,” harap Dia.

Lanjut Dia, sekarang ini UPR tetap berfokus untuk meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU). Dimana, sebagai outputnya bagaimana UPR dapat mempersiapkan SDM lulusan yang memiliki kualitas unggul, berkarakter dan berdaya saing tinggi.

Selain itu, ia menambahkan saat ini pihaknya telah menginisiasi Forum Rektor Regional Se-Kalimantan untuk menggalang Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, dalam upaya mempersiapkan SDM lokal yang Unggul dan mampu berkontribusi pada proses pembangunan IKN di segala sektor.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Sidang Terbuka Senat Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode April 2023 serta Pengukuhan Guru Besar, Iring, SE., M.Si., menyebut kegiatan Wisuda dan Pengukuhan Guru Besar Periode April 2023 ini berjalan dengan baik, tertib, aman dan lancar.

Terkait pembagian ijazah, ia mengatakan sudah dapat diproses lebih cepat jika dibandingkan dengan periode wisuda sebelumnya. Hal ini merupakan suatu kemajuan yang sangat signifikan.

“Hal ini, tentunya sesuai dengan arahan Rektor UPR, bagaimana supaya ijazah itu dapat segera selesai dan dibagikan kepada seluruh lulusan. Saya tanggapi, itu bisa dan akhirnya memang bisa, seperti wisuda periode April 2023 ini, dimana ijazah dari seluruh lulusan dapat diterima paling lama 1 bulan, tidak seperti di beberapa perguruan tinggi lainnya yang harus menunggu paling lama 4 bulan,” ujar Dia.

Iring mengungkapkan hal itu dapat terlaksana, asalkan adanya kerjasama yang baik dengan seluruh Fakultas dan unit yang ada di lingkup UPR. Dimana, waktu penutupan pendaftaran wisuda dan waktu pelaksanaan wisuda pada setiap periodenya. Begitupun untuk SK Yudisium sebaiknya dapat diserahkan dengan waktu yang lebih singkat, kalau bisa itu per minggu. Sehingga, proses pengurusan ijazah pun dapat dilakukan lebih singkat lagi.

Sekedar menginformasikan adapun 719 peserta wisuda Periode April 2023, berasal dari 8 Fakultas dan Program Paska Sarjana UPR, masing-masing yakni 192 orang lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPR, 58 orang diantaranya Predikat Cumlaude; 123 orang lulusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPR, 7 orang diantaranya Predikat Cumlaude; 90 orang lulusan dari Fakultas Pertanian (Faperta) UPR, 6 orang diantaranya Predikat Cumlaude.

Kemudian, 99 orang lulusan dari Fakultas Teknik (FT) UPR, 2 orang diantaranya Predikat Cumlaude; 65 orang lulusan dari Fakultas Hukum (FH) UPR, 20 diantaranya Predikat Cumlaude; 45 orang lulusan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPR, 4 orang diantaranya Predikat Cumlaude.

Lalu, 81 orang lulusan dari Fakultas Kedokteran (FK) UPR, 42 orang diantaranya Predikat Cumlaude; 9 orang lulusan dari Fakultas MIPA UPR, 1 orang diantaranya Predikat Cumlaude; dan 15 orang lulusan dari Program Paska Sarjana, 8 orang diantaranya Predikat Cumlaude.

Selain itu, dalam acara tersebut juga  dilakukan Pengukuhan Guru Besar dari Program Studi Matematika FKIP UPR, yakni kepada Prof. Dr. Jackson Pasini Mairing, M.Pd. yang dilakukan secara langsung oleh Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!