Sakariyas Lepas Gema Pawai Takbiran di Kota Kasongan

 Sakariyas Lepas Gema Pawai Takbiran di Kota Kasongan

FOTO : Bupati Katingan, Sakariyas saat melepas keberangkatan peserta Pawai Takbiran Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Kasongan. 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/tahun 2023, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Katingan menyelenggarakan Gema Pawai Takbiran di Kota Kasongan, Jumat 21 April 2023.

Peserta Pawai Takbiran dilepas keberangkatannya oleh Bupati Katingan Sakaryas, didampingi Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang. Selain itu juga dihadiri Ketua PHBI, Ketua MUI, Kapolres Katingan dan Kodim 1019 Katingan serta sejumlah Kepala SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan.

Pawai Takbiran ini dilombakan oleh pihak panitia dengan peserta dari Pengurus Masjid/Musholla/Langgar dan Lembaga Keagamaan se-Kabupaten Katingan.

Dalam kesempatan ini. Bupati Katingan Katingan Sakariyas, menyampaikan atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Katingan mengucapkan selamat merayakan hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kepada Umat Islam di Kabupaten Katimgan.

“Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kegiatan ini adalah suatu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi kita. Namun, akibat sesuatu dan lain hal yang membatasinya. Misalnya, tidak bisa melakukan kegiatan Open House untuk merayakan Lebaran seperti di rumah jabatan. Tapi saya fikir jika dirumah-rumah pribadi masih bisa,” jelas Sakariyas.

Lanjutnya, dalam pelepasan pawai takbiran ini adalah bisa dikatakan momen terakhir dilakukan. Sebab, masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Katingan akan berakhir mulai tanggal 20 September 2023 ini.

“Oleh sebab itu, saya kembali menyampaikan permohonan maaf setinggi-tingginya kepada masyarakat Kabupaten Katingan apabila masih banyak yang belum kami perbuat selama menjabat,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua PHBI Kabupaten Katingan Sukartie melaporkan untuk program rutin PHBI selain menyalurkan sapi kurban pada hari Raya Idul Adha. Maka setelah melaksanakan kegiatan gema pawai takbir Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/tahun 2023 direncanakan melaksanakan kegiatan Halal Bihalal yang dilaksanakan Pemerintah Daerah melalui PHBI Katingan.

“Halal Bihalal ini dilaksanakan dua minggu setelah lebaran. Kemudian ada juga agenda lain seperti bhakti sosial dalam rangka memperingati tahun Baru Islam satu Muharam,” ungkapnya.

Adapun rute saat Pawai Takbiran di Kota Kasongan yaitu mulai start berada di halaman Sekretariat DPD LPTQ Katingan melewati jalan Soekarno Hatta (Depag) menuju jalan trans Kalimantan (melewati jembatan Sei-Katingan), kemudian ke arah Bundaran Kasongan Sampit, berbelok ke jalan Statistik-jalan tangking Eman-jalan Tambun lalu ke arah jalan Revolusi melewati jalan Kenangan dan jalan Semadi (Masjid Nurul Iman Kasongan) dan terakhir masuk ke jalan Pusaran Cinta menuju Finish Lapangan Gagah Lurus Kasongan.

Selain di Kota Kasongan, Umat Islam di Kereng Pangi Kecamatan Katingan Hilir juga menyelenggarakan pawai takbiran. Rute Pawai mulai Start dari Masjid Al Mujahirin- jalan Pembangunan- jalan Satelindo- jalan Perjuangan-jalan Tjilik Riwut-jembatan Banut Kalanaman-jalan Tjilik Riwut-jalan Berdikari dan Finish kembali ke Masjid Al Muhajirin. (As/agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!