Ratusan Calon Anggota Polri Ikuti Tahap Pemeriksaan Administrasi Awal

 Ratusan Calon Anggota Polri Ikuti Tahap Pemeriksaan Administrasi Awal

FOTO PERTAMA : Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, didampingi Wakapolres Kompol Triyo Sugiyono, saat membuka kegiatan pemeriksaan administrasi awal penerimaan calon Polri, di aula Bhayangkara setempat. 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Sebanyak 123 peserta calon anggota Polri mengikuti kegiatan pemeriksaan administrasi awal penerimaan Taruna/I Akpol, Bintara Polri dan Tantama Polri gelombang II tahun anggaran 2023.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, didampingi Wakapolres Katingan Kompol Triyo Sugiyono, di aula Bhayangkara setempat, Sabtu 29 April 2023.

Untuk menjamin transparansi pemeriksaan administrasi, maka pihak Panitia Bantuan Penerimaan (Pabanrim) Polres Katingan melibatkan pengawas Internal dan Eksternal dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Katingan, Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Katingan. Pada tahapan ini, para peserta akan dilakukan pengecekan kesehatan, ukur tinggi, berat badan, dan pemeriksaan berkas-berkas ijazah pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, mengingatkan kepada semua peserta supaya mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Pasalnya, dalam proses tes ini semua berdasarkan kemampuan yang dimiliki masing-masing peserta.

“Jadi kami dari Panitia berupaya sebaik mungkin melaksanakan tes ini agar tidak ada kecurangan, tidak ada KKN, Kolusi dan Nepotisme. Sehingga kita ingin betul-betul mendapatkan anggota Polri yang sesuai kriteri dalam tes-tes tersebut,” jelas Kapolres Katingan.

Lanjutnya menjelaskan bahwa penerimaan calon anggota Polri ini tentunya para peserta siap bersaing satu dengan yang lainnya, sehingga dalam persaingan tersebut peserta sudah bisa saling mengawasi. Sebab, tidak hanya dari pihak panitia saja melakukan pengawasan tetapi dari sesama peserta yang mengikuti tes juga bisa saling mengawasi.

“Karena kita sifatnya transparan dan hasil yang ada setiap tes itu akan diumumkan sehingga tidak ada yang di tutup-tutupi. Kemudian, kepada yang berhasil mengikuti tes diharapkan tetap fokus, karena banyak tes-tes yang akan dihadapi berikutnya. Sehingga apa yang menjadi tujuan di cita-citakan bisa tercapai dengan lancar,” pungkasnya.

Perlu diketahui, 123 calon anggota Polri ini terdiri dari 13 orang Wanita dan 110 orang Pria. Dari jumlah tersebut diantaranya untuk Taruna/I Akpol ada 2 orang Pria, Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) 110 orang terdiri dari (97 Pria dan 13 wanita), Bintara Kompetensi Khusus Kesehatan ada 2 orang terdiri Pria dan Wanita, Bintara Brimob ada sebanyak 4 orang dan Tantama Brimob 5 orang.

Namun dalam pemeriksaan tahap administrasi tersebut ada sebanyak 3 orang calon yang tidak hadir yaitu terdiri dari PTU ada 2 orang dan Tantama Brimob 1 orang. (As/agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!