Pedagang Takjil Diminta Utamakan Kebersihan

 Pedagang Takjil Diminta Utamakan Kebersihan

PASAR RAMADAN – Sejumlah pelaku UMKM menjajakan dagangannya di Pasar Ramadan yang digelar di Halaman Masjid Baiturrahman Nanga Bulik.

NANGA BULIK – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamandau Rosmawati, meminta para pedagang pasar Ramadan maupun pedagang musiman di sekitar lingkungan warga, untuk memerhatikan higienitas atau kebersihan produk makanan takjil yang dijualnya kepada warga.

Menurut dia, apa yang disajikan dan dijual dalam takjil, hendaknya mengutamakan kehigienisan dan tetap bergizi, serta tidak menggunakan bahan-bahan adiktif berbahaya baik zat pewarna maupun zat pengawet makanan yang tidak diperkenankan dalam dunia kesehatan.

“Karena itu para pedagang dapat menyajikan menu makanan dan minuman yang higienis, bergizi dan berkualitas. Termasuk memperhatikan kebersihan tempat berjualan, sehingga takjil aman dikonsumsi warga,” kata Rosmawati di Nanga Bulik, Rabu, (5/4) kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP), Penyang Lanen berharap pasar ramadan mampu membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal, sekaligus memulihkan perekonomian masyarakat.

“Pedagang tradisional ini perlu dilestarikan dan dilakukan pembinaan,” sebutnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Lamandau agar bersama-sama mendukung para pedagang tersebut dengan mengutamakan berbelanja kepada para pelaku UMKM lokal.(fit)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!