Legislator Kalteng ini Inginkan Seluruh Pihak Menjaga Alam dan Lingkungan 

 Legislator Kalteng ini Inginkan Seluruh Pihak Menjaga Alam dan Lingkungan 

FOTO: Hj. Sri Neni Trianawati, SE.,

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Kelestarian alam dan lingkungan, khususnya di wilayah DAS Barito hendaknya dapat terus terjaga dengan baik. Peran semua pihak, baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk saling bersinergi dan berkolaborasi menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan menjadi kunci utamanya. Demikian disampaikan oleh Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, Hj. Sri Neni Trianawati, SE., Kamis (27/04/2023).

Menurutnya, dengan menjaga dan memelihara lingkungan alam maka hal itu akan dapat menghindari berbagai macam bentuk bencana khususnya alam yang kerap terjadi selama ini seperti banjir, tanah longsor, maupun ablasi serta abrasi.

“Menjaga dan memelihara lingkungan alam khususnya di Kalteng sudah menjadi tugas kita bersama agar berbagai macam bentuk bencana alam dapat diminimalisir. Jadi, jangan sampai ada yang merusak lingkungan alam sekitar kita,” kata dia.

ia mengungkapkan seperti halnya disepanjang daerah aliran sungai (DAS) Barito khususnya di wilayah Kabupaten Murung Raya maupun Barito Utara akhir-akhir ini sering terjadi ablasi, sehingga sejumlah jalan maupun pemukiman warga terkena dampaknya.

Hal ini tentu sangat memprihatinkan, sehingga masyarakat agar dapat bersama-sama untuk memelihara lingkungan alam disepanjang DAS Barito dengan mereklamasi atau menanam kembali pohon-pohon dibibir pantai yang gundul agar ablasi kedepan tidak terjadi lagi.

“Fungsi dari pepohonan dibibir pantai ini yakni akar-akarnya akan menahan terjadi ablasi, sebab ketika air sungai meluap serta adanya gelombang itu dapat mengikis tanah dipinggiran pantai jika tidak ada yang menahan. Jadi reklamasi itu penting dilakukan,” kata dia lagi.

ia menyebutkan apabila ablasi terus terjadi maka dampak negatifnya yakni kawasan suatu daerah atau desa akan semakin kecil, maka dari itu kesadaran masyarakat dalam upaya menjaga dan memelihara lingkungan alam itu sangat diharapkan.

“Tidak hanya di DAS Barito, di Palangka Raya bahkan juga telah terjadi ablasi khususnya di wilayah Flamboyan Bawah. Ini sangat mengkhawatirkan sebab banyak masyarakat terdampak. Oleh karenanya perlu ada solusi untuk mengatasi hal tersebut,” tandas dia. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!