Kualitas SDM dan Ekonomi Daerah Saling Berketerkaitan

 Kualitas SDM dan Ekonomi Daerah Saling Berketerkaitan

FOTO: Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Suprianto.

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Kalangan Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meminta pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menyelenggarakan pelatihan dalam rangka peningkatan sumber daya  manusia (SDM), untuk  mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,karena dua aspek ini saling berketerkaitan erat. Demikian disampaikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Suprianto.

“Kami minta agar Dinas Koperasi dan UMKM dapat berinovasi dan berkreasi dalam menyiapkan SDM  melalui pelatihan-pelatihan. Karena dalam dua tahun ini dinas tersebut agak jarang melakukan pelatihan terhadap para UMKM yang ada di daerah ini,” ujar Dia, Sabtu (15/04/2023).

Menurut Dia, paska pandemi Covid-19 yang terjadi sekitar tiga tahun lalu, UMKM harus tetap survive dengan aksi dan inovasi yang mampu menjadi daya ungkit pelaku UMKM, agar perekonomian bangkit dan pulih.

“Maka  dari itu, kami mendorong kepada pemerintah daerah setempat untuk menggalakan dan memperkuat sektor UMKM. Hal ini bertujuan agar mengatasi persoalan pelaku ekonomi kecil kian melemah akibat terdampak pandemi selama dua tahun. Salah satu yang harus kita lakukan adalah digalakan sektor UMKM ini akan membuat masyarakat menengah ke bawah bisa bangkit dan berkembang,” ujar Dia lagi.

Dia juga menambahkan saat ini pelaku ekonomi kecil dan menengah juga perlu diberi bantuan permodalan dan pemasaran produk mereka agar mereka bisa bersaing dan tidak digilas oleh ekonomi koorporasi.

Untuk melindungi dan memperkuat ekonomi kerakyatan, juga bisa dengan memperkuat sumber daya manusia (SDM) kepada para pekerja atau kaum buruh dan kaum pencari kerja atau kaum muda, dengan  memberikan berbagai pelatihan dan keterampilan agar mereka memiliki sertifikasi.

“Semua itu tergantung kepada eksekutif sebagai eksekutor dari semua program, kami hanya memberikan saran dan masukan membangun, dan kami berharap ini bisa menjadi pertimbangan pemerintah Kabupaten Kotim agar dapat memasukan program UMKM untuk peningkatan ekonomi kerakyatan,” tandas Dia. (TBK/YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!