Ketersediaan Layanan Listrik Jadi Kebutuhan Masyarakat Di Setiap Daerah

 Ketersediaan Layanan Listrik Jadi Kebutuhan Masyarakat Di Setiap Daerah

FOTO : Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Henry M. Yoseph.

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Henry M. Yoseph mengatakan ketersediaan layanan jaringan listrik di daerah pelosok merupakan hal yang sangat penting untuk bisa dapat dipenuhi oleh pemerintah bersama pihak terkait lainnya.

“Listrik menjadi kebutuhan utama yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah pelosok,” katanya, Senin (03/04/2023).

Lanjut Dia, sampai sekarang ini masih banyak masyarakat yang belum menikmati fasilitas listrik. Seperti halnya masyarakat di Kecamatan Seribu Riam, Kabupaten Murung Raya yang mengusulkan agar dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah setempat.

Wakil Rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kalteng IV meliputi Kabupaten Murung Raya, Barito Utara (Barut), Barito Timur (Bartim) dan Barito Selatan (Barsel) ini juga mengungkapkan saat ini masyarakat di wilayah Kecamatan Seribu Riam hanya dapat mengakses jaringan listrik dengan mengupayakan sendiri menggunakan mesin diesel.

“Saat melaksanakan reses ke Kecamatan Seribu Riam, masyarakat mengusulkan pembangunan PLTS. Memang di sana sudah ada listrik, tetapi masih menggunakan mesin diesel,” katanya lagi.

Henry yang juga anggota Komisi IV DPRD Kalteng yang membidangi infrastruktur dan prasarana ini juga menambahkan listrik yang dihasilkan mesin diesel hanya untuk malam hari dan mampu bertahan beberapa jam saja, sehingga pasokan listrik tidak mencukupi untuk sejumlah operasional penting, seperti administrasi pemerintahan dan fasilitas kesehatan. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!