Hadapi Arus Mudik Lebaran 1444H, Polres Kotim Siapkan Delapan Posko

 Hadapi Arus Mudik Lebaran 1444H, Polres Kotim Siapkan Delapan Posko

FOTO: Kapolres Kotim AKBP Sarpani saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Telabang 2023, Senin (17/04/2023).

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Menghadapi arus mudik lebaran 1444H/2023M, Jajaran Polres Kotawaringin Timur (Kotim) mendirikan 8 (delapan) posko yang terdiri atas 1 Pos Layanan, 1 Pos Terpadu dan 6 Pos Pengamanan yang tersebar di sejumlah titik.

Usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Telabang 2023 yang diikuti oleh berbagai unsur dan pihak terkait di lingkup Pemkab Kotim, AKBP Sarpani menyampaikan menghadapi arus mudik lebaran tahun ini, pihaknya telah menyediakan 8 posko yang tersebar di sejumlah titik.

“Ada 8 pos pelayanan dalam operasi ini. Titik-titik konsentrasi arus mudik menjadi perhatian seperti di Bandara Haji Asan Sampit, Terminal Patih Rumbih dan Pelabuhan Sampit,” kata Sarpani, Senin (17/04/2023).

Ia mengungkapkan, Posko pengamanan ada 6 yang tersebar mulai dari Jalan Pelita, Islamic Center, Samekto, Desa Ujung Pandaran, Desa Pelantaran dan Desa Sebabi.

“Untuk jumlah personil yang diterjunkan akan disesuaikan dengan kondisi dan tingkat kerawanan wilayah,” ujarnya.

Namun ia mengakui arus mudik melalui Pelabuhan Sampit menjadi perhatian khusus karena jumlah pemudik menggunakan kapal laut jauh lebih banyak dibanding di bandara dan terminal.

“Saat ini kami lebih fokus pada pelabuhan yang memang mengalami peningkatan penumpang sekitar 40 hingga 50 persen dibanding tahun lalu,” ucap Sarpani.

Dari data Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit, sejak H-15 hingga saat ini sudah lebih dari 5.000 penumpang yang diberangkatkan dari Pelabuhan Sampit menuju Semarang dan Surabaya.

Arus mudik lebaran melalui Pelabuhan Sampit pada tahun ini diprediksi sebanyak 8.527 penumpang.

Sarpani berharap penyelenggaraan arus mudik lebaran di tahun ini dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

(Tbk/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!