Guru Penggerak Merupakan Agen Pendidikan

 Guru Penggerak Merupakan Agen Pendidikan

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Guru penggerak merupakan guru-guru terpilih dari seluruh penjuru Indonesia yang telah lulus dari program tersebut. Termasuk di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada 2023 ini kembali mengikutsertakan 41 guru sebagai calon guru penggerak.

“Guru Penggerak harus siap menjadi pemimpin pembelajaran dan berperan sebagai agen pendorong transformasi pendidikan di Indonesia, terutama di daerah mereka masing-masing,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotim Irfansyah, Minggu 9 April 2023.

Lanjutnya, Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak.

“Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru. Sehingga pelatihan ini tidak mengganggu tugas guru di sekolah dan peserta didik tetap menerima pembelajaran dari guru yang mengikuti program ini,” ujarnya.

Apalagi, selama pelatihan, calon guru penggerak juga ditugaskan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan baru di sekolah dan komunitasnya. Sehingga akan ada inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang ia berikan.

“Maka dari itu diharapkan, setelah menjadi guru penggerak nantinya, mereka ini akan menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah masing-masing,”pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!