DPRD Kotim Dukung Program Pengembangan UMKM

 DPRD Kotim Dukung Program Pengembangan UMKM

FOTO: Legislator dari Fraksi PAN DPRD Kotawaringin Timur, Hairis Salamad.

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Kalangan DPRD Kotawaring Timur mengapresiasi langkah pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan di daerah ini. Demikian disampaikan oleh Legislator dari Fraksi PAN DPRD Kotawaringin Timur, Hairis Salamad.

“Kami sangat mendukung pemerintah daerah agar sektor UMKM bisa terus meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat juga, khususnya para pelaku UMKM juga semakin baik,” ujar Hairis Salamad yang juga Wakil Ketua II DPRD Kotawaringin Timur ini, Senin (10/04/2023).

Menurut Dia, saat ini sektor UMKM di Kabupaten Kotim kembali menggeliat, karena para pelaku UMKM terus berjuang keras agar bisa bertahan di tengah sulitnya perekonomian akibat terdampak pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini.

“Sektor UMKM perlu mendapat perhatian karena banyak digeluti masyarakat, karena ekonomi kerakyatan ini bersentuhan langsung dengan masyarakat kecil yang sangat membutuhkan bantuan,” ujar Dia lagi.

Dia menilai potensi UMKM lokal cukup bagus karena pangsa pasarnya masih luas. Produk UMKM lokal juga berkualitas sehingga tidak kalah dengan produk-produk dari luar daerah, maka pemerintah daerah harus turun tangan untuk membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha mereka, misalnya dengan menyiapkan tempat khusus untuk pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka.

Lanjut Dia, untuk memfasilitasi itu banyak lokasi milik pemerintah daerah yang bisa digunakan membantu pelaku UMKM. Dukungan itu sangat bermanfaat karena bisa mengurangi beban para pelaku UMKM dalam memasarkan produk. Dan pemerintah daerah juga diharapkan memfasilitasi dan mempermudah perizinan agar produk UMKM memenuhi standar dan aturan sehingga bisa dipasarkan secara luas, melalui pasar-pasar tradisional, hingga pasar modern.

“Saya yakin sektor UMKM lokal kita, sangat berpotensi besar untuk dikembangkan, maka  harus kita dorong agar pelaku UMKM daerah ini semakin besar dan maju, baik melalui kegiatan bazar atau yang lainnya,” tandas Dia. (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!