Cuaca Panas, BPBD Diminta Siaga

 Cuaca Panas, BPBD Diminta Siaga

Anggota DPRD Katingan Rudi Hartono

Kasongan – Beberapa pekan terakhir kondisi cuaca panas terus terjadi di wilayah Kabupaten Katingan, hal ini tentu menjadi perhatian dari semua kalangan tidak terkecuali dari para wakil rakyat.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Rudi Hartono, kamis (27/4/2023) mengatakan, bahwa cuaca panas yang sudah terjadi ini tentu bisa menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sehingga dirinya meminta agar pihak Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan harus siaga.

“BPBD harus selalu siap siaga karna terjadinya cuaca panas yang terjadi ini, mengingat tidak menutup kemungkinan adanya terjadi karhutla di wilayah katingan,”Ujarnya.

Dikatakan Rudi, tidak saja dari BPBD yang harus siaga namun juga instansi lainnya seperti pihak Pemadam Kebakaran (damkar).

Selain kesiapa dari personil, legislator Partai Golongan Karya (Golkar) ini menyebutkan juga harus dipersiapakan peralatan untuk pemadam kebakaran, mengingat bisa saja sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

“Semuanya harus dipersiapkan, baik itu personil maupun alat untuk pemadam,”Imbuhnya.

Kemudian Rudi juga menyarankan agar BPBD bisa sedini mungkin untuk bisa menggelar sosialisasi kepada para relawan dan Masyarakat Peduli Api (MPA) di masing-masing desa.

“Sosialisasi kepada para relawan juga harus dilakukan untuk membantu pemerintah untuk menganggulangi karhutla,”Bebernya.

(agg)

 

triokta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!