Wilayah Selatan Kotim Potensial Dijadikan Sentra Industri Hilir

 Wilayah Selatan Kotim Potensial Dijadikan Sentra Industri Hilir

FOTO: Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Bardiansyah.

Kaltengnews,co.id, SAMPIT – Kalangan Legislator DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim)  meminta seraya mendorong pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat untuk mengembangkan industri hilir di wilayah selatan Kotawaringin Timur. Demikian disampaikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Bardiansyah.

Dia menilai daerah selatan sangat berpotensi banyak menyumbangkan penghasilan daerah dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), maka dibutuhkan lebih banyak industri hilir agar dapat menggerakkan perekonomian masyarakat di wilayah tersebut.

“Dengan banyaknya kehadiran industri hilir itu  akan membawa dampak positif yang luas,  selain nilai keekonomian produk menjadi meningkat, industri hilir juga membawa dampak positif seperti penyerapan tenaga kerja dan peningkatan penyerapan bahan baku lokal,” ujar Dia, Rabu (22/03/2023).

Menurut Dia, Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki sumber daya alam dan potensi lainnya. Selain perkebunan kelapa sawit, potensi lainnya diantaranya Kelapa, padi, jagung, singkong dan lainnya, selama ini hasil panen di wilayah selatan tersebut ada umumnya dijual ke luar daerah dalam bentuk mentah maupun setengah jadi. Padahal kalau ada industri hilir seperti pabrik pengolahan produk di daerah ini, maka nilai keekonomian produk-produk tersebut akan jauh lebih tinggi.

“Selama ini kan hasil paren masyarakat dijual langsung keluar daerah dan harganya cukup rendah, kalau ada industri hilir atau pabrik di wilayah selatan maka penyerapan bahan mentah dipastikan akan jauh lebih tinggi, sehingga dapat membawa manfaat besar bagi ekonomi masyarakat di wilayah selatan,” ujar Dia lagi.

Tidak hanya itu, Dia juga menyarankan agar Pemerintah Kabupaten menggandeng investor untuk membangun pabrik di wilayah selatan, selain itu pemerintah daerah harus  membina para petani dan pengrajin untuk memastikan pasokan bahan baku terjamin sehingga investor tertarik berinvestasi.

“Kalau itu nanti terwujud maka petani kita semakin bersemangat meningkatkan produksi pertanian karena ada jaminan hasil panen mereka akan diserap oleh pabrik, dan harganya akan lebih tinggi, sehingga kesejahteraan masyrak meninggal sana ada juga pendapatan untuk daerah,” timpalnya.

Dia juga mengapresiasi salah satu Desa yang ada Kecamatan Mentaya Hilir Selatan sudah ada investor yang menggarap produk minyak kelapa murni, kehadiran pabrik tersebut membawa dampak positif bagi petani kelapa dan warga setempat.(TBK/YS).

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!