Wabup Lamandau Ajak Warga Dukung Ketahanan Pangan

 Wabup Lamandau Ajak Warga Dukung Ketahanan Pangan

FOTO : Wabup Lamandau Riko Porwanto mengunjungi salah satu kebun sayur milik warga.

KALTENGNEWS.co.id – Nanga Bulik – Wakil Bupati (Wabup) Lamandau, Riko Porwanto mengajak warga di daerah setempat memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan tidur menjadi sumber pangan keluarga dan juga sebagai sumber pendapatan.

Menurut Wabup, pemanfaatan lahan pekarangan rumah dapat menjadi bagian penting dalam mendukung ketahanan pangan. Hal ini dikarenakan kebutuhan pangan keluarga secara kuantitas dan kualitas bisa terpenuhi dengan baik.

“Stok pangan yang bergizi dan aman secara berkala bisa dipenuhi dari kebun di pekarangan rumah. Pemanfaatan lahan pekarangan bisa dilakukan sesuai keinginan atau selera kita,” kata Riko di Nanga Bulik. Selasa, 7 Maret 2023.

Menurutnya, pekarangan rumah maupun lahan tidur jika dikelola dengan baik tentunya akan membuat lingkungan menjadi lebih menarik, nyaman, indah, sehat dan menyenangkan, serta dapat memberikan manfaat untuk keluarga.

Meski begitu ada beberapa tanaman yang cocok untuk ditanam di lahan pekarangan rumah, misalnya jenis tanaman hortikultura. Mulai dari sayuran, buah-buahan, dan obat-obatan.

“Tanaman bisa ditanam secara langsung atau bisa juga dengan menggunakan media polybag. Tidak perlu lahan yang luas untuk mencoba berkebun. Bahkan di teras atau di atap rumah pun bisa,” tandasnya.(fah/agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!