Srikandi DPRD Kalteng Serap Aspirasi Warga Desa Kampung Melayu 

 Srikandi DPRD Kalteng Serap Aspirasi Warga Desa Kampung Melayu 

FOTO : Wakil Rakyat asal Dapil Kalteng I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si., saat melaksanakan tugas reses perseorangan unsur pimpinan dan anggota DPRD Kalteng Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023 di Dapil Kalteng I baru-baru ini.

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Masih dalam rangkaian kegiatan reses perseorangan unsur pimpinan dan anggota DPRD Kalteng Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023 di wilayah Dapil Kalteng I yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, Srikandi Fraksi Partai Golkar DPRD Kalteng, Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si. juga menyambangi Desa Kampung Melayu, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan.

Dimana, ia menyebutkan berdasarkan dari hasil pertemuan bersama kepala desa, perangkat desa dan masyarakat desa setempat, serta didukung dengan adanya peninjauan langsung ke lapangan, maka diketahui ada 4 (empat) sektor penting yang benar-benar memerlukan perhatian dari pemerintah daerah, baik itu dari pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah maupun pemerintah kabupaten (Pemkab) Katingan melalui instansi dinas terkaitnya.

Adapun keempat sektor dimaksud, meliputi Sektor Kesehatan, Sektor Air Bersih, Sektor Pertanian dan Peternakan, serta Sektor Perikanan. “Keempat sektor ini dianggap memang benar-benar menjadi suatu kebutuhan mendasar dari masyarakat desa setempat, karena hal itu menyangkut hajat hidup masyarakat dan kesejahteraan dari masyarakat desa itu sendiri,” ujar Ketua Komisi III DPRD Kalteng membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) meliputi Kesehatan, Pendidikan dan Pariwisata, kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Selasa (14/03/2023) pagi.

Lanjut Hj. Siti Nafsiah menerangkan masing-masing sektor dimaksud, mulai dari Sektor Kesehatan, masih dilaporkan atau ditemukan adanya kasus bayi dengan berat badan lahir rendah sehingga memerlukan upaya intervensi kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir dari pemerintah daerah, baik di unit layanan kesehatan maupun posyandu di desa setempat. Selain itu, masyarakat juga membutuhkan pengadaan ambulan air.

“Kedua usulan di Sektor Kesehatan ini merupakan aspirasi yang perlu diprioritaskan guna melayani warga di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan. Sebab selama ini, baik itu dari kesadaran masyarakat, edukasi dan layanan kesehatan di wilayah ini masih dianggap kurang dan masih perlu lebih ditingkatkan lagi. Untuk itu, kehadiran dari pemerintah daerah melalui instansi dinas kesehatan (Dinkes) atau layanan kesehatan menjadi suatu kebutuhan mendasar masyarakat setempat,” ujarnya lagi.

Begitupula ketersediaan air bersih, sambung Wakil Rakyat asal Dapil Kalteng I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini mengatakan sarana dan prasarana (Sapras) air bersih di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan masih terbilang minim. Masyarakat setempat kadang mengeluhkan, sangat sulit untuk mendapatkan air bersih.

“Ketersediaan sapras air bersih menjadi suatu kebutuhan dari warga. Sehingga, diharapkan kepada pemerintah daerah supaya dapat memperhatikan usulan ini juga,” tuturnya.

Tidak hanya itu, di Sektor Pertanian dan peternakan rupanya juga menjadi aspirasi masyarakat Desa Kampung Melayu, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan. Ia mengutarakan sebagai desa yang terletak di kawasan lumbung pangan di Kabupaten Katingan masih terdapat kelompok tani/peternak yang membutuhkan bantuan bibit tanaman, seperti cabai merah, bawang, tomat dan kacang panjang serta bantuan bibit ternak ayam, sapi dan kambing termasuk bantuan berupa peralatan mesin pertanian.

Usulan berikutnya, yakni di sektor perikanan. Dimana, usaha masyarakat lainnya selain bertani adalah nelayan, beberapa kelompok nelayan memerlukan bantuan berupa alat transportasi tangkap ikan berupa mesin dan body perahu/ces. Kelompok masyarakat pembudidaya ikan memerlukan bantuan peralatan budidaya dan bibit ikan.

Sebagai tindaklanjut, atas segala aspirasi, usulan dan keluhan masyarakat Desa Kampung Melayu, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan yang berhasil dihimpun pada kegiatan reses perseorangan unsur pimpinan dan anggota DPRD Kalteng Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023 ini, ia akan melakukan koordinasi internal dengan Komisi III DPRD Kalteng maupun ke Gubernur Kalimantan Tengah.

“Terkait semua aspirasi atau usulan di sektor kesehatan, sapras air bersih, pertanian dan perikanan, serta perikanan ini, selanjutnya akan dikoordinasikan ke pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah melalui instansi dinas terkaitnya,” katanya menambahkan.

Dia juga berharap dari hasil reses perseorangan ini tidak hanya menjadi kegiatan formalitas saja. Melainkan, sejumlah aspirasi, usulan dan temuan tersebut juga dapat ditindaklanjuti oleh saudara Gubernur Kalimantan Tengah, dengan cara memasukan kedalam program prioritas pembangunan daerah.

“Sehingga, program pembangunan daerah kedepan, benar-benar dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam rangka mewujudkan Kalteng yang semakin berkah,” tandasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!