Srikandi Dewan Barsel Sebut Pentingnya Evaluasi Program Secara Berjenjang 

 Srikandi Dewan Barsel Sebut Pentingnya Evaluasi Program Secara Berjenjang 

FOTO : Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ani Mahrita.

Kaltengnews.co.id, BUNTOK – Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ani Mahrita mendorong pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Selatan agar dapat melakukan evaluasi program pembangunan secara berjenjang.

“Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena tujuannya tidak lain semata-mata untuk optimalisasi program pembangunan daerah,” ujarnya, Kamis (16/03/2023).

Menurut Dia, evaluasi program pembangunan secara berjenjang bertujuan untuk mengidentifikasi sejumlah persoalan ataupun kendala dari proses implementasi program yang sedang dilaksanakan.

“Melalui hasil evaluasi tersebut, maka pemerintah melalui instansi dinas terkaitnya, dapat segera merumuskan sejumlah solusi guna mengatasi permasalahan-permasalahan yang menjadi kendala dari pelaksanaan program tersebut,” ujarnya lagi.

Karena menurutnya, evaluasi secara efektif itu diyakini mampu memperbaiki sektor sentral lainnya, seperti pengelolaan kewenangan, dan pengelolaan keuangan daerah. Juga penyusunan perencanaan serta pengelolaan akuntabilitas kinerja maupun pengawasan di tahun ini.

Dia juga meminta harus ada kekompakan, mulai dari tingkat bawah yakni pemerintahan desa hingga ke tingkat kabupaten. Diyakini, dengan adanya kekompakan itu nantinya bisa menciptakan penyelenggaraan pemerintah yang baik, sehingga semua yang ingin dicapai bisa selalu seiring dan sejalan.

“Saran saya, supaya dalam penyelenggaraan pemerintah terus di evaluasi di setiap awal tahun, baik kinerja aparatur di tingkat desa maupun di tingkat kabupaten,” tambahnya.

Dengan adanya evaluasi itulah, maka akan diketahui secara jelas, apakah semua program pemerintah sudah berhasil dilaksanakan atau sebaliknya. (Tomi/YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!