Sekolah Diharapkan Bisa Bentuk Karakter Siswa

 Sekolah Diharapkan Bisa Bentuk Karakter Siswa

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Semua permasalahan pendidikan saat ini akan dibebankan kepada kepala sekolah dan guru yang harus siap membentuk karakter siswa di sekolah, pasalnya saat ini sekolah sudah bisa menyusun kurikulum sendiri agar tujuan pendidikan tercapai dan disesuaikan dengan keadaan peserta didik di sekolah masing-masing.

“Terlebih lagi, pada saat ini kesuksesan tidak bergantung lagi pada persaingan. Justru, orang-orang sukses di abad ini adalah orang-orang yang bisa bekerja sama atau berkolaborasi dengan berbagai kepentingan,” kata Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Suyoso, Rabu 15 Maret 2023.

Sehingga, ujarnya, siswa harus memiliki kemampuan dalam bekerjasama berkelompok dan kepemimpinan, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab, bekerja secara produktif dengan yang lain, menempatkan empati pada tempatnya; menghormati perspektif berbeda.

“Siswa juga menjalankan tanggung jawab pribadi dan fleksibilitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan masyarakat, menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain serta memaklumi kerancuan,” ucapnya.

Kemudian tambah Suyoso, semua permasalahan itu dibebankan kepada guru dan kepala sekolah. Pertanyaannya adalah apakah guru-guru dan kepala sekolah sudah siap untuk memikul tugas yang berat ini.

“Sehingga perlu juga langkah-langkah dari pemerintah untuk melakukan pembinaan karakter secara intensif kepada guru dan kepala sekolah serta memberikan hak-hak guru secara adil,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!