Sejumlah Desa di Kecamatan Banama Tingang Terendam Banjir

 Sejumlah Desa di Kecamatan Banama Tingang Terendam Banjir

FOTO: Beberapa Desa di Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulpis, sejak Selasa 28 Maret 2023 kemaren. (Foto Ist.)

Kaltengnews.co.id, PULANG PISAU – Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Osa Maliki menyampaikan berdasarkan data Pusdalops PB Kabupaten Pulpis, Banjir kembali mulai menggenangi beberapa Desa di Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulpis, sejak Selasa 28 Maret 2023 kemaren.

“Iya, air kembali meninggi di beberapa Desa di Kecamatan Banama Tingang, penyebab Banjir ini akibat Intensitas curah hujan yang tinggi, sehingga mengakibatkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan meluap,” ujar Osa, Kamis (30/03/2023).

Dikatakan Osa sapaan akrapnya ini, untuk sementara ada sebanyak 6 Desa yang melaporkan banjir, yakni masing -masing ketinggian Debit air di Desa Tangkahen hari ini setinggi 5 Cm, Desa Pahawan 40 Cm, Desa Ramang 15-20 Cm, Desa Tambak, Desa Hanua dan Desa Hurung 10 sampai 65 Cm.

“Untuk ketingian air ini bervariasi pak di setiap Desanya pak, antara 10-65 cm. Dan untuk saat ini tidak ada warga yang mengungsi,” ujar Osa lagi.

Sedangkan untuk Kecamatan Jabiren Raya, tambah Osa, saat ini masih ada 2 (Dua) Desa yang terdampak banjir yaitu Desa Tumbang Nusa dan Desa Tanjung Taruna.

“Untuk ketinggian Debit air di Desa Timbang Nusa dan Desa Tanjung Taruna bervariasi antara 0-65 cm, dan tidak ada rumah warga yang terendam,” timpalnya.

Lanjut Osa, sampai hari ini kegiatan yang dilaksanakan BPBD Kabupaten Pulpis selain tetap memantau kondisi banjir pun juga tetap memantau Info Hotspot Melalui Lapan, Sipongi, Informasi Cuaca/Peringatan Dini BMKG.

“Kita juga menghimpun Informasi Bencana via Telpon, Medsos, SMS, WA dan Laporan Masyarakat pak, dan melakukan pengecekan Peralatan dan Mobil Operasional,” tandas Dia.

Lebih lanjut, koordinasi Patroli dan Penanganan Kejadian masih tetap dilaksanakan seperti melaksanakan Animal Rescue ke lokasi dan melakukan kegiatan rutin Adminitrasi dan Pembuatan Laporan. (DENNY)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!