Pemkab Gumas Optimis  Zero Stunting

 Pemkab Gumas Optimis  Zero Stunting

Foto: Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing

Kaltengnews.co.id, Kuala Kurun – Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing mengatakan, bahwa salah satu kunci sukses menurunkan angka stunting yakni dengan adanya kolaborasi yang baik dari semua pihak.

“Komitmen pimpinan, dan seluruh tim sinergitas yang baik, kolaborasi yang baik menjadi kunci keberhasilan dalam menurunkan angka stunting,”katanya, Kamis (2/3/2023).

Selain kolaborasi lanjutnya, maka diperlukan pula edukasi kepada sasaran yakni ibu hamil, ibu yang memiliki batuta dan balita agar mereka paham terkait pola asuh yang baik.

“Edukasi kepada generasi muda tentang dampak buruk pernikahan usia dini juga penting. Sebab, remaja pria maupun wanita yang memutuskan untuk menikah di usia dini belum siapa secara fisik dan psikis serta ekonomi,” jelasnya.

Efrensia berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas bisa menurunkan kembali angka stunting bahkan jika bisa mencapai zero stunting.

“Harapan kami, Kabupaten Gunung Mas bisa mempertahankan atau bahkan bisa menurunkan angka stunting. Kalau bisa zero stunting, atau di bawah lima persen. Kami optimis,”ucapnya.

Guna mewujudkan hal tersebut tambah Efrensia memerlukan waktu dan proses serta kekompakkan semua pihak dalam menyukseskan program penurunan stunting tersebut.

Sebagaimana diketahui, angka stunting di Kabupaten Gunung Mas berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) di tahun 2022 yakni 17,9 persen, angka tersebut menurun dari tahun 2021 yang mencapai 35,9 persen. (*)

 

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!