Kunjungi Desa Kampung Keramat, Sejumlah Sektor Jadi Usulan Prioritas Warga

 Kunjungi Desa Kampung Keramat, Sejumlah Sektor Jadi Usulan Prioritas Warga

FOTO : Legislator provinsi dari Fraksi Partai Golkar DPRD Kalteng, Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si., saat melaksanakan tugas reses perseorangan unsur pimpinan dan anggota DPRD Kalteng Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023 di Dapil Kalteng I baru-baru ini.

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Legislator provinsi dari Fraksi Partai Golkar DPRD Kalteng, Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si., menyampaikan aspirasi atau usulan prioritas di sejumlah sektor yang berhasil dihimpun dari hasil pertemuan dan peninjauan lapangan di Desa Kampung Keramat, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, saat kegiatan reses perseorangan unsur pimpinan dan anggota DPRD Kalteng yang dilaksanakan pada 26 Februari sampai 5 Maret 2023 kemarin.

Baca Juga : Sambangi Warga Kelurahan Pegatan, Hj. Siti Nafsiah Sampaikan Sejumlah Aspirasi di Sektor Kesehatan

“Berdasarkan dari hasil pertemuan dengan Kepala Desa dalam Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan dan warga setempat, maka didapat dua sektor utama yang perlu menjadi prioritas penanganan dari pemerintah daerah (Pemda) baik itu pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah maupun pemerintah kabupaten (Pemkab) Katingan, yakni Sektor Kebudayaan dan Pariwisata (Objek Wisata Sungai Kempeng) dan Sektor Pembangunan Infrastruktur,” ujar Hj. Siti Nafsiah, kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Senin (13/03/2023) pagi.

Lanjut Wakil Rakyat asal Dapil Kalteng I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini juga menjelaskan dari Sektor Kebudayaan dan Pariwisata, pemerintah bersama warga setempat mengusulkan peningkatan sarana dan prasarana pendukung Objek Wisata Sungai Kempeng.

Saat melakukan reses perseorangan di wilayah tersebut, ia juga berkesempatan mengunjungi salah satu objek wisata alam yakni pantai Sungai Kempeng. Objek Wisata Sungai Kempeng baru tersentuh pengembangannya oleh pihak Pemerintah Desa Kampung Keramat dalam 1 tahun terakhir.

Dimana, Objek wisata ini merupakan salah satu potensi dan alternatif destinasi wisata di kawasan Kecamatan Katingan Kuala yang letaknya strategis karena berada di muara Sungai Katingan yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

“Berdasarkan informasi yang didapat, Objek Wisata Sungai Kempeng disaat libur hari raya keagamaan ramai dikunjungi masyarakat. Lokasi Objek Wisata Sungai Kempeng ini secara administratif masih berada di wilayah Desa Kampung Keramat, sehingga untuk kewenangannya pun berada di bawah desa setempat,” ujarnya lagi.

Namun demikian, objek wisata ini masih memerlukan dukungan dari pemerintah daerah, seperti penyediaan beberapa fasilitas pendukung, diantaranya panggung hiburan permanen, pembangunan gazebo sebanyak 10 unit, serta toilet umum sebanyak 5 unit.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Kalteng membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) meliputi Pariwisata, Pendidikan dan Kesehatan ini juga mengatakan aspirasi atau usulan tersebut memang perlu didukung oleh pemerintah daerah, terutama dalam rangka mempromosikan destinasi wisata alam di wilayah ini. Adapun maksudnya agar dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

“Warga sangat berharap dengan meningkatnya fasilitas pendukung, maka dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung sehingga dapat berdampak positif bagi perekonomian warga, sekaligus pula sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli desa (PADes) Kampung Keramat,” katanya.

Kemudian, dari Sektor Pembangunan Infrastruktur, selanjutnya ia kembali menyebutkan masyarakat tidak hanya meminta dukungan sarana dan prasarana pendukung, tapi mereka juga meminta agar adanya peningkatan jalan menuju lokasi Objek Wisata Sungai Kempeng.

“Untuk pengembangan Objek Wisata Sungai Kempeng, selain penyediaan sarana dan prasarana pendukung, tentunya memerlukan pembangunan jalan semenisasi sepanjang kurang lebih 1 kilometer dan jembatan titian yang mengarah ke laut sepanjang kurang lebih 100 meter,” katanya lagi.

Dia juga menambahkan sebagai tindaklanjut atas dua aspirasi yang telah disampaikan oleh warga Desa Kampung Keramat, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, ia sesegeranya akan berkoordinasi dengan internal Komisi III dan eksternal Komisi IV DPRD Kalteng dan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah dan pemerintah kabupaten (Pemkab) Katingan, melalui instansi Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas PUPR setempat.

“Saya juga berharap kepada pemerintah daerah, supaya dapat mempertimbangkan segala aspirasi yang disampaikan oleh Warga Desa Kampung Keramat, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan agar bisa masuk kedalam program prioritas pembangunan daerah kedepannya,” tandas Hj. Siti Nafsiah. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!