Kuliah Umum, Kajian Gambut Jadi Keunggulan dan Karakter Khas UPR 

 Kuliah Umum, Kajian Gambut Jadi Keunggulan dan Karakter Khas UPR 

FOTO : Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS (Kiri) saat menyerahkan sertifikat kepada Narasumber Kuliah Umum Prof. Dr. Ir. Supiandi Sabiham, M.Agr dari Institut Pertanian Bogor (Kanan). Foto Ist 

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar kuliah umum dengan mengusung Tema “Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi Untuk Menghadapi Tantangan Pendidikan di Masa Depan : Suatu Kajian Untuk Pengembangan Pendidikan Sarjana”. Kegiatan berlangsung di Aula Rahan, Lantai 2 Gedung Rektorat UPR, Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya, Rabu (15/03/2023) pagi.

Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS menyampaikan kegiatan ini merupakan suatu momen yang sangat luar biasa. Karena sudah bisa menghadirkan seorang narasumber yang memang benar-benar berkompeten dibidangnya, yakni Prof. Dr. Ir. Supiandi Sabiham, M.Agr dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Beliau ini merupakan mentor saya. Karena, sewaktu masih mengenyam pendidikan di S2 dan S3 IPB, beliau inilah yang menjadi dosen pembimbing saya saat itu. Bahkan, peran beliau sangat besar untuk bisa menghantarkan saya bisa meraih gelar guru besar (Profesor, red) di bidang gambut,” ujar Rektor UPR saat membuka kegiatan Kuliah Umum hari ini.

Prof. Salampak juga menyebutkan kegiatan kuliah umum ini dinilai sangat penting, utamanya guna mendorong pengembangan UPR ke arah yang lebih Unggul dan Berkarakter lagi.

Kedepan, tentunya sesuai Pola Ilmiah Pokok (PIP) UPR yakni ‘Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dengan berorientasi kepada Hutan Rawa Gambut, Wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Lingkungannya”. Maka dari itu, studi dan kajian gambut perlu menjadi Mata Kuliah Wajib di UPR.

“Studi dan Kajian Gambut menjadi salah satu Kompetensi Utama Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Kuliah umum ini dimaksudkan sebagai upaya untuk menyamakan persepsi, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Palangka Raya. Disisi lain, pada kuliah umum ini juga akan membahas mata kuliah yang memiliki keterkaitan dengan gambut,” ujar Prof. Salampak menambahkan.

FOTO : Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS dan Narasumber Kuliah Umum Prof. Dr. Ir. Supiandi Sabiham, M.Agr dari Institut Pertanian Bogor, usai kegiatan melakukan sesi foto bersama dengan para peserta kegiatan. Foto Ist

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, Narasumber Kegiatan, Prof. Dr. Ir. Supiandi Sabiham, M.Agr menyampaikan upaya pengembangan kualitas perguruan tinggi, UPR diharapkan dapat mengembangkan berbagai kerjasama program studi dengan mitra kelas dunia.

“Lebih memfokuskan aktivitas pendidikan berorientasi pada lintas disiplin ilmu yang dapat dilakukan, dengan memasukan mata kuliah pilihan dari program studi lain dalam rangka memperoleh hasil pendidikan yang berkualitas, relevan dan berdaya saing tinggi, tanpa merubah organisasi pendidikan yang ada,” katanya.

Selanjutnya, ia juga mengutarakan mata kuliah terkait gambut atau lahan gambut, dapat menjadi keharusan sebagai salah satu ciri kompetensi UPR, terlebih saat ini UPR sudah ada pusat penelitian gambut tropika berbasis pertanian dan kehutanan, yang kedepannya perlu didukung oleh staf peneliti yang berasal dari seluruh perwakilan keilmuan yang ada di Universitas Palangka Raya ini.

“Artinya, seluruh program studi atau jurusan yang ada di UPR, setidaknya bisa mengakomodir studi atau kajian gambut. Sehingga, studi dan kajian gambut inilah yang akhirnya menjadi keunggulan dan karakter khas UPR di mata dunia,” tandasnya.

Sekedar menginformasikan, kuliah umum ini diikuti unsur pimpinan Rektorat, Dekanat, Tenaga Pendidik dan Mahasiswa dari Fakultas dan Program Pasca Sarjana di lingkungan Universitas Palangka Raya. Diakhir kegiatan, Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS berkesempatan menyerahkan sertifikat kepada Narasumber Kuliah Umum Prof. Dr. Ir. Supiandi Sabiham, M.Agr dari Institut Pertanian Bogor, serta melakukan sesi foto bersama dengan para peserta Kuliah Umum. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!